Nasional

Intervensi Lingkungan dan Imunitas Tubuh Penting Cegah DBD

Oleh: Vinta Editor: Robin Abdulrahman 02 Apr 2024 - 18:44 Purwokerto

KBRN, Banyumas: Akhir-akhir ini penyabaran kasus Demam Berdarah Sedang meningkat di berbagai wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan agar masyarakat tetap berupaya untuk mencegah penyebaran pekait tersebut.

Salah satunya dengan upaya intervensi lingkungan dan penguatan imunitas tubuh, apalagi di musim pancaroba saat ini. Hal tersebut diungkapkan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, Imran Pambudi.

"Penyebab penyakit DBD karena adanya potensi gigitan nyamuk yang meningkat. Oleh karena itu, untuk mencegah penyebaran DBD, penting untuk melakukan intervensi lingkungan," katanya dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, dikutip Selasa (2/4/2024).

Imran mencontohkan upaya yang harus dilakukan, seperti pemberantasan sarang nyamuk dan kebersihan lingkungan di rumah, sekolah, dan tempat kerja. Serta juga diperlukan juga penguatan imunitas tubuh melalui gaya hidup sehat.

"Seperti penggunaan lotion anti-nyamuk, dan penggunaan pakaian lengan panjang hingga partisipasi dalam program vaksinasi DBD," 

Terakhir, ia menegaskan bahwa perlu adanya pihak yang bertanggung jawab. Yaitu, untuk memantau keberadaan jentik nyamuk di rumah maupun lingkungan sekolah. 

β€œHal ini guna mencegah penyakit DBD,” ujarnya.