Daerah

Musrenbang RPJPD, Pemkot Bengkulu Tetapkan Lima Fokus Pembangunan

Oleh: Rizady Alvitara Editor: Roki Eka Putra 02 Apr 2024 - 20:26 Bengkulu

KBRN, Bengkulu: Pemerintah Kota Bengkulu mengambil langkah proaktif dalam merumuskan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) 2025-2045. Dengan menggelar forum konsultasi yang diadakan di Hotel Nala Bengkulu. 

RPJPD ini menjadi dokumen acuan pemerintah untuk periode 20 tahun kedepan. Sekaligus dalam rangka upaya menciptakan konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan serta hasil rencana pembangunan daerah. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Medi Febriansyah, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan RPJPD dari tingkat nasional hingga ke daerah, sehingga seluruh program pembangunan dapat terealisasi. RPJPD ini fokus pada visi, misi, arah kebijakan, penguatan ekonomi, tata kelola pemerintahan, sumber daya manusia, dan infrastruktur. "Kita harus selaras. Sehingga RPJPD yang kita susun ini benar-benar bisa kita rasakan manfaatnya 20 tahun ke depan,"ungkapnya

Medi juga menegaskan bahwa RPJPD ini telah disusun oleh tim yang melibatkan ahli dari Universitas Bengkulu. Namun untuk penyempurnaan, masukan dari kepala OPD, tokoh masyarakat, LSM, dan pihak lainnya sangat dibutuhkan. 

Dengan disusunnya RPJPD ini, diharapkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Bengkulu dapat menjadi panduan yang kokoh. Agar bisa mencapai kemajuan yang berkelanjutan hingga tahun 2045.