Internasional

Hari Buku Anak Internasional, Momen Sadarkan Pentingnya Membaca

Oleh: Irene Amora Editor: Tris Januartini 02 Apr 2024 - 05:17 Singaraja

KBRN, Singaraja: Selain peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia, tanggal 2 April juga diperingati sebagai International Children's Book Day atau Hari Buku Anak Internasional. Peringatan Hari Buku Anak Internasional bertujuan memberikan kesadaran, akan pentingnya membaca untuk membentuk pola pikir generasi muda di masa depan.

Dilansir dari laman National Today, Hari Buku Anak Internasional diperingati sejak tanggal 2 April 1967 yang juga merupakan hari ulang tahun Hans Christian Andersen. Hans Christian Andersen merupakan seorang penulis Denmark yang terkenal dengan dongengnya yang antara lain "The Ugly Duckling", "The Little Mermaid" dan "Thumbelina". 

Peringatan Hari Buku Anak Internasional disponsori oleh International Board on Books for Young People (IBBY), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Inggris. Dalam memperingati momen istimewa tersebut, setiap tahunnya mengadakan berbagai kegiatan seperti lomba menulis, pengumuman penghargaan buku, dan acara bersama penulis sastra anak.

Melihat situs resmi IBBY, tahun ini, perayaan Hari Buku Anak Internasional 2024 mengusung tema "Cross the Seas on the Wing of your Imagination". Dalam Bahasa Indonesia berarti "Menyeberangi Lautan di Sayap Imajinasi Anda.

Selamat Hari Buku Anak Internasional!