Lain Lain

Asal-Usul Saku Kecil Pada Celana Jeans

Oleh: Didi Mainaki Editor: Heny Budi Rahaju 03 Apr 2024 - 07:15 Bandung

KBRN, Bandung : Seminggu lagi, umat Islam akan merayakan hari raya Idul Fitri. Selain menjadi moment untuk saling memaafkan, Idul Fitri atau Lebaran juga menjadi tonggak untuk kembali bersih dan kembali fitri. Tak terkecuali dengan baju yang biasa kita pakai. Maka tidak heran jika saat menjelang Lebaran, membeli baju baru menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Dari sekian banyak model pakaian yang banyak diburu, celana jeans sepertinya akan selalu menjadi barang yang tidak akan pernah lekang dimakan waktu. Bagi anda pecinta celana jeans, tentu sudah mafhum kalau di saku depan, ada kantong kecil yang sekilas hanya sebagai pemanis saja. Namun tahukah anda kalau saku kecil ini, dulu dibuat dengan kegunaan khusus.

Seperti dikutip dari laman The List, kantong kecil di celana jeans dulunya dibuat untuk menyimpan arloji. Oleh sebab itu, saku kecil itu sering juga disebut sebagai The Watch Pocket atau saku jam.Konon,  dulu pelanggan pertama dari celana jeans ini adalah mereka yang berprofesi sebagai masinis, tukang kayu, petani, hingga seorang cowboy di Amerika Serikat pada tahun 1800-an. Kala itu, mereka membutuhkan tempat untuk menyimpan dan melindungi jam atau arloji yang dimiliki. 

Sebelum adanya saku kecil itu, celana jeans hanya didesain dengan empat saku utama saja. Dua kantong depan dan Dua kantong depan. Namun, karena banyaknya permintaan pelanggan, maka dibuatlah kantong kecil yang digunakan untuk menyimpan arloji.

Bentuk arloji yang digunakan saat itu berupa jam bundar kecil yang dilengkapi oleh rantai, belum berbentuk seperti kebanyakan model jam tangan saat ini yang cenderung berukuran besar. Keberadaan kantong kecil atau saku arloji itu membuat desain saku pada celana jeans berubah menjadi lima. Desain dengan Lima saku itu kemudian dipatenkan pada 20 Mei 1873.

Hingga saat ini kantong kecil tersebut tetap menjadi mode, meskipun fungsinya sudah bergeser. Saat ini, banyak yang memanfaatkan kantong kecil pada celana jeans untuk menyimpan uang koin, atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

Bahkan nama saku arloji itu saat ini sudah berubah seiring dengan bertambahnya fungsi kantong ini. Saat ini kantong kecil ini juga disebut dengan kantong depan, kantong koin, kantong korek api atau kantong tiket.Kalau anda sendiri menggunakan saku kecil di celana jeans itu untuk menyimpan apa ???