Ramadan

SMK Negeri 3 Samarinda Gelar Buka Puasa Bersama SMK Negeri dan Swasta se Kota Samarinda

Oleh: Dedi Purnama Editor: Alfian 03 Apr 2024 - 04:54 Samarinda

KBRN, Samarinda : Dalam semangat mempererat kebersamaan dan meraih keberkahan di bulan Ramadhan, SMK Negeri 3 Samarinda menjadi inisiator dalam pelaksanaan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar SMK Negeri dan Swasta se Kota Samarinda yang diadakan di Ballroom Hotel Puri Senyiur, Jalan Ruhuy Rahayu, Kota Samarinda pada Selasa, (2/3/2024). Acara ini dihadiri oleh Tokoh Kaltim yang merupakan mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur yaitu Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si dan H. Hadi Mulyadi, S.Si, M,Si, perwakilan Dinas Pendidikan Prov.Kaltim, para Kepala Sekolah SMK Negeri maupun swasta se kota Samarinda yang berjumlah sekitar 49 sekolah, serta segenap keluarga besar dan pengurus Komite SMK Negeri 3 Samarinda.

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Samarinda, Dwisari Harumingtyas, S.Pd, Bio, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mempererat tali silaturahmi diantara keluarga besar SMK Negeri maupun Swasta di Kota Samarinda. Dengan mempererat tali silaturahmi menunjukkan refleksi terhadap upaya menggapai keberkahan dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan ini.

Ia pun mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan buka bersama adalah mempererat silaturahmi, berbagi kebahagiaan dan meningkatkan keakraban antara SMK Negeri dan Swasta se Kota Samarinda, "jadi ini juga merupakan ungkapan dan perwujudan syukur kita semua atas kehadirat dan kehendak Allah SWT yang terbaik", ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Tokoh Kalimantan Timur Dr. H. Isran Noor, M. Si. sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, Ia mengatakan acara ini memiliki makna dan manfaat menyambung tali silaturahmi diantara para pimpinan sekolah sekolah SMK baik Negeri maupun Swasta. "Acara kegiatan bukber ini paling tidak memiliki sebuah makna dan manfaat menyambung tali silaturahim bagi kita semua terutama para pimpinan sekolah kejuruan. 

Isran Noor pun berharap untuk sekolah kejuruan agar meningkatkan kapasitas dan sistem pengembangan program yang bertujuan untuk membangun keterampilan keterampilan sumberdaya manusia, "harapannya supaya meningkatkan kapasitas meningkatkan sistem pengembangan program yang memiliki dan bertujuan untuk membangun sebuah keterampilan sumber daya manusia", pungkasnya. 

Acara buka puasa bersama tersebut dirangkai dengan tari saman selamat datang, pembacaan ayat suci Al Qur'an, dan tausiyah yang disampaikan oleh H. Hadi Mulyadi, S.Si, M,Si .

Hadir memberikan tausiah dalam acara tersebut, H. Hadi Mulyadi,S. Si, M.Si.

Dalam Tausiahnya menyampaikan begitu banyak keberkahan yang dapat diraih oleh umat islam, khususnya dibulan Ramadhan. Di Bulan Ramadhan, segala amal ibadah dilipatgandakan. Selain itu, terdapat malam yang sangat istimewa dibulan Ramadhan, yaitu malam Lailatur Qodar. Barang siapa melakukan amal shalih pada malam tersebut, Allah akan mencatat pahalanya lebih baik daripada melakukan amal yang sama selama seribu bulan.