Ramadan

Lebaran Momentum Orang Tua Merekatkan Hubungan Dengan Anak

Oleh: Muhammad Wildan Pratomo Editor: Heny Budi Rahaju 03 Apr 2024 - 15:07 Bandung

KBRN, Bandung: Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Purwanto, menghimbau kepada orang tua untuk memanfaatkan waktu libur lebaran dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat dan positif bersama anak-anak.

Dalam momen liburan ini, orang tua dan anak memiliki kesempatan untuk mempererat hubungan dan koneksi yang ada antara mereka.  Hal ini sangat penting untuk meningkatkan tumbuh kembang anak-anak yang merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua dan lingkungan sekitar.

“Mumpung anak ada di rumah saat liburan, maka orang tua sebaiknya melakukan banyak akitvitas dengan anaknya karena pada momen liburan anaklah orang tua mempunyai banyak waktu untuk bersama anaknya dan karena orang tua memiliki peran penting dalam membangun karakter sang anak” ujar Purwanto. Rabu (3/4/2024). 

Selain itu, Purwanto berharap bahwa di masa libur lebaran ini, orang tua dapat memperkenalkan lebih dekat kepada anak-anak mereka mengenai keluarga dari kedua belah pihak, baik itu saudara kandung maupun keluarga besar dari pihak ayah maupun ibu. 

Libur lebaran bukan hanya tentang merayakan hari raya, tetapi juga sebagai kesempatan bagi keluarga untuk berkumpul dan bertemu satu sama lain. Dengan demikian, anak-anak dapat lebih mengenal dan mempererat hubungan dengan saudara-saudaranya.Hal ini dikatakan oleh Purwanto karena  meyakini bahwa penting bagi anak-anak untuk mengetahui dan memahami asal-usul serta silsilah keluarga mereka. 

Dengan memperkenalkan keluarga dari kedua belah pihak, anak-anak dapat lebih memahami hubungan keluarga yang lebih luas dan merasakan kehangatan dan kebersamaan di tengah momen yang istimewa seperti hari raya lebaran.

Selain itu, Purwanto juga mengajak orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai kekeluargaan kepada anak-anak. Dengan berkumpul bersama di hari raya lebaran, anak-anak dapat belajar menghormati orang tua, menghargai keragaman keluarga, dan mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota keluarga.

“Jangan sampai silaturahmi dengan saudara-saudaranya terputus maka tugas orang tua mendekatkan anak-anaknya dengan saudara-saudaranya” demikian harapan Purwanto.