Daerah

Kendalikan Inflasi dan HBKN, Pj Walikota Sorong Buka Pangan Murah

Oleh: Husni Laing Editor: Putra Purba 03 Apr 2024 - 19:09 Sorong

KBRN, Sorong: Dalam rangka pengendalian inflasi Daerah serta Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi, Pj. Walikota Sorong, Septinus Lobat, SH.,MPA, membuka  gerakan Pangan Murah yang digelar dinas Ketahanan Pangan Kota Sorong, di kompoleks Kantor Walikota Sorong, Rabu (3/3/2024).

Pj. Walikota Dalam sambutannya memberikan apreseiasi kepada Dinas Ketahanan pangan, atas inisiasinya lakukan terobosan-terobosan dalam menangani Inflasi di Kota Sorong.

"Terobosan yang dilakukan dinas Ketahanan Pangan ini bersama TPID memberikan dampak Positif baru penanganan Inflasi di Kota Sorong. Yakni Kota Sorong berhasil keluar sebagai juara Inflasi terendah Se-Indonesia. Dan kita. Mendapatkan penghargaan  oleh pemerintah Pusat, " Ungkapnya.

Oleh karena itu, Lanjutnya, harus terus dipertahankan hasil yang ada dan perlu adanya koordinasi yang baik diantara pemerintah maupun seluruh Stakeholder dalam penanganan Inflasi daerah di Kota Sorong.

"Kegiatan hari ini sebagai yang telah diketahui bahwa adanya dukungan dari stakerholder yakni baik itu dari BI, BPS, Distributor, BUMN dan para pelaku usaha lainya dalam memberikan pangan murah terhadap masyarakat yang tepatnya pada momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1445 Hijriah, " Jelasnya.

Dikatakanya, Pemerintah Kota Sorong selalu terbuka dan siap bekerja sama untuk kontribusi nyata bagi pembangunan pangan di wilayah Provinsi Papua Barat Daya termasuk kerja sama dengan daerah lain di bidang pangan.

"Kami memandang kerja sama ini merupakan langkah positif untuk memperkuat ketahanan pangan di Kota Sorong. Oleh karenanya hari ini telah disediakan pangan murah bagi masyarakat, dengan harga yang lebih terjangkau dari harga pasar, sehingga dapat membantu masyarakat dalam menyambut HBKN danengatasi Inflasi, " Jelasnya.

Kegiatan pangan Murah tersebut mendapat dukungan dari Badan Pangan Nasional, BI, TPID Kota Sorong, BUMN Pangan yakni : Bulog, ID Food, Distributor pangan dari Delta Grosir dan CGM Sorong, Serta Pedagang Pasar Sentral.

Bahan-bahan yang dijual dalam pangan murah tersebut diantaranya : Gula, Minyak Goreng, Telur,  Daging Ayam, Tepung Terigu, Gula Pasir, Rica dan Sayuran.