Mudik Lebaran 2024

H-7 Lebaran, Gerbang Tol Dumpil Madiun Terpantau Normal

Oleh: Dayati Editor: Cecep Jaiddin 03 Apr 2024 - 20:15 Pusat Pemberitaan

KBRN, Madiun: Pada H-7 Lebaran Idulfitri 2024, volume arus lalu lintas di exit tol Dumpil terpantau masih normal. Belum ada peningkatan yang signifikan, Rabu (3/4/2024).

Untuk momen mudik Lebaran, Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun telah menyiapkan dan memetakan potensi kemacetan di Exit Tol Dumpil Madiun. Jika terjadi penumpukan kendaraan, Dishub telah menyiapkan tiga jalur alternatif.

“Kami akan memberlakukan jalur alternatif. Situasional untuk mengurai kemacetan,” ujar Kabid Lalu Lintas Dishub Kabupaten Madiun Joko Triono. 


Kondisi arus lalu lintas di exit tol Dumpil yang terpantau masih normal (Foto: RRI/Dayati)


Lanjutnya, penentuan jalur alternatif ini berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan. Berdasarkan pengalaman pada musim mudik Lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

Upaya lain untuk mencegah terjadinya kemacetan di Exit Tol Dumpil, dengan cara menempatkan ratusan water barrier dan traffic cone. Arus mudik dan balik tahun ini, pihaknya menyiapkan 50 personel.

"Untuk mengantisipasi kemacetan dengan berjaga di pos pengamanan. Tersebar di Exit Tol, Nglames, Taman Asti dan Jiwan," kata Joko mengakhiri.