Daerah

Sejumlah Bank di Manggar Layani Penukaran Uang

Oleh: Arif Juliantoro Editor: Lalang Gumilang 04 Apr 2024 - 19:16 Sungailiat

KBRN, Belitung Timur ; Bank Sumsel Babel Cabang Manggar siapkan 1,2 Miliar uang tubai untuk ditukarkan menjelang Idulfitri 1445 hijriah, Kamis (4/4/2024). 

Head Teller Bank Sumsel Babel Cabang Manggar, Carla mengatakan penukaran uang tersebut langsung habis dalam waktu satu hari. Dia mengaku  tahun 2024 ini permintaan penukaran uang  meningkat dari tahun sebelumnya. 

"Meski permintaan meningkat, namun jumlah uang yang disiapkan dari pusat menurun," kata Carla, Kamis (4/4/2024).

Dia menyebut uang yang disiapkan tahun ini ada dua jenis, yaitu Uang Layak Edar (ULE) dan Hasil Cetak Sempurna (HCS). Untuk ULE Bank Sumsel Babel Cabang Manggar menyiapkan Rp780 juta.

Selanjutnya, dikatakan Carla tidak semua masyarakat di Manggar mendapatkan penukaran uang yang HCS, karena dari Bank Indonesia (BI) sendiri mengintruksikan agar lebih mengutamakan ULE. 

"Alhamdulillaah masyarakat juga sudah tersosialisasi terkait hal itu. Di media sosial kan banyak beredar informasinya," tutur Carla.

Sementara itu, Teller Bank Mandiri Cabang Manggar, Agus menyebut pihaknya hanya menyiapkan Rp300 juta untuk penukaran uang masyarakat menyambut Idulfitri ini.

"Tahun ini jumlah penukaran uangnya menurun jauh. Yang disiapkan hanya pecahan 20, 50, dan 10 ribu," kata Agus.