Internasional

Pencurian Minyak Zaitun yang Dijuluki "Emas Cair" di Spanyol

Oleh: Marissa Titifanty Gusti Editor: Kriswanto 07 Apr 2024 - 14:09 Bogor

KBRN, Bogor: Sebuah kabar terbaru datang dari negeri Matador. Mengutip Sky News, bahwa saat ini minyak zaitun merupakan barang yang paling banyak dicuri di banyak supermarket Spanyol.

Hal ini terjadi ketika harga melonjak setelah kekeringan parah di wilayah selatan sejak tahun lalu yang berdampak pada panen zaitun.

Minyak zaitun yang kini dijuluki "emas cair" menjadi produk yang paling banyak dicuri di supermarket di wilayah Spanyol yang mencakup sekitar separuh negara.

Terdapat geng kriminal terorganisir pencuri minyak zaitun. Oleh mereka minyak zaitun hasil curiannya kemudian dijual kembali. 

“Minyak zaitun telah menjadi produk ideal untuk dicuri” jelasnya.

Ini adalah barang kedua yang paling banyak dicuri di seluruh supermarket Spanyol, setelah minuman beralkohol.

Satu liter minyak zaitu extra virgin berkualitas tinggi yang harganya kurang dari €5 pada empat tahun lalu, kini harganya €14.

Spanyol adalah produsen minyak zaitun terbesar dan keluarga disana biasanya membelinya dalam jumlah besar untuk dimasak.

Supermarket di Spanyol telah merantai botol-botol besar berisi minyak zaitun berukuran lima liter dan menguncinya di rak untuk mencegah pencurian.

Dan di beberapa toko, botol berukuran satu liter dilengkapi dengan label keamanan yang harus dilepas oleh staf. Walaupun ternyata ada juga pencuri yang mengakali dengan cara menggunakan perangkat magnetis untuk memecahkan labelnya.

Minyak zaitun kini menjadi barang yang paling banyak dicuri di supermarket di Aragon, Andalusia, Castilla-La Mancha, Catalonia, Valencia, Madrid, Kepulauan Balearic dan Extremadura.

Para petani zaitun dan perusahaan-perusahaan yang mengolah buah zaitun menjadi minyak juga menjadi korban perampokan, dengan pencuri yang mencuri puluhan ribu liter minyak.