Daerah

Jelang Lebaran TPU di Puncak Sekuning Ramai Peziarah

Oleh: Kgs. Muhammad Irpan Editor: Aditya Abrianto 12 Apr 2024 - 06:32 Palembang

KBRN, Palembang: Hari raya Idul Fitri 1445 H, salah satu kebiasaan atau tradisi yang dilakukan masyarakat palembang tak lepas dari melakukan ziarah kubur. Tempat Pemakaman Umum atau TPU mulai ramai didatangi para ziarah salah satunya di TPU di kawasan Puncak Sekuning Palembang

Kebiasaan atau tradisi ziarah kubur ini mendatangkan keuntungan tersendiri bagi penjual bunga di sekitar area TPU salah satunya di TPU puncak sekuning palembang.

Salah seorang pedagang bunga tabur, Lilis mengungkapkan pada hari biasa dirinya mampu menjual 50 hingga 100 bungkus bunga tabur/hari. Namun saat ini dapat menjual 300 hingga 500 bunga tabur dengan harga Rp 5 ribu/perkantong. Bunga yang diperoleh berasal dari Palembang dan luar kota Palembang.

Ditambahkan lilis alhamdulillah omzet saat ini mulalai mengalami peningkatan dibandingkan hari-hari sebelumnya. Stok bunga juga kita tambah mengingat peziarah akan terus bertambah hingga minggu mendatang. . ,” jelas Lilis saat diwawancarai di TPU kawasan Puncak sekuning Palembang, kamis (11/4/2024).

Sementara inu, Fatimah salah seorang peziarah mengatakan hampir setiap tahun saat Idul Fitri. ia bersama keluarga menyempatkan waktu untuk mengirim doa di makam sanak saudara yang berkumpul lebih dulu.

“setiap tahun jelang lebaran kami sekeluarga menyempatkan ziarah. Sekalian mudik dan bertemu sanak saudara,” ungkapnya.

Dia menyakini ziarah kubur juga dianggap sebagai media bersilaturahmi antara orang yang masih hidup dengan orang-orang yang sudah meninggal.