Arus Balik Mudik

​Arus Balik Lebaran, Korlantas Polri Temukan Titik-titik 'Bottleneck'

Oleh: Dedi Hidayat Editor: Allan 15 Apr 2024 - 11:25 Pusat Pemberitaan

KBRN, Jakarta: Korlantas Polri pada Senin (15/4/2024) dini hari, blusukan menggunakan motor meninjau pergerakan arus balik Lebaran 2024. Selama penelusuran tersebut, Korlantas Polri menemukan 'bottleneck' dibeberapa titik ruas Tol Trans Jawa.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, seharusnya hambatan-hambatan yang menyebabkan kemacetan tidak ada. Karena, pihaknya menerapkan rekayasa lalu lintas seperti contraflow.

"Tim urai melakukan patroli sekaligus melihat secara langsung apa saja yang menjadi hambatan yang mengakibatkan perlambatan. Volume kendaraan memang cukup tinggi ada juga hambatan-hambatan yang mestinya tidak ada," kata Aan dalam keterangan persnya, Senin (15/4/2024).

Aan mengaku, kapasitas jalan pada awalnya masih sangat leluasa untuk diberlakukannya contraflow tiga lajur. Namun, dengan adanya bottleneck mengakibatkan hambatan.

"Sebelum patroli, kapasitasnya itu di pegal jalan ini, masih sangat leluasa untuk contraflow tiga lajur. Karena ada bottleneck, mengakibatkan hambatan di KM 62, kemudian 66 pertemuan Cipularang Bandung ini juga ada perlambatan," ucapnya.

Selain itu, Aan menuturkan, jalur contraflow juga terdapat beberapa kendaraan mengalami gangguan dan berhenti di bahu jalan. Hal itu, jelas berdampak pada kepadatan arus lalu lintas.

"Contraflow juga sama ada beberapa kendaraan yang mendapatkan gangguan ya di bahu jalan. Kita ketahui juga ada masyarakat yang ingin menuntaskan kewajibannya yang enggak bisa diwakilkan ya," ujar Aan.