Daerah

BMKG Himbau Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Oleh: Feranda Garus Editor: Rosa Dalima 16 Apr 2024 - 15:20 Ende

KBRN, Ende: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait peningkatan curah hujan yang diprediksi akan terjadi dalam sepekan ke depan. Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa kondisi cuaca tersebut dipicu oleh aktivitas beberapa fenomena dinamika atmosfer, termasuk aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial.

Guswanto menyebutkan wilayah-wilayah yang diprediksi akan terpengaruh oleh peningkatan curah hujan antara lain Sumatra bagian selatan, Jawa bagian tengah hingga timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan bagian tengah hingga utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Andri Ramdhani, menambahkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi pada periode 16 hingga 21 April 2024 di sebagian besar wilayah Indonesia, terutama di Sumatra bagian barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Andri Ramdhani mengimbau kepada pemudik yang akan kembali ke perantauan untuk berhati-hati dan waspada, serta untuk mematuhi arahan dan imbauan dari pemerintah terkait dengan kondisi cuaca. Selain itu, masyarakat yang tinggal di daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir diminta untuk tetap waspada terhadap kemungkinan dampak cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, dan jalan licin.

BMKG juga mengingatkan tentang fenomena Antecedent Precipitation, yaitu curah hujan yang turun sebelumnya yang dapat memperparah dampak cuaca ekstrem. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk mengenali potensi bencana di lingkungan sekitarnya dan mulai mengurangi risiko bencana dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Andri Ramdhani menekankan bahwa informasi yang disampaikan adalah kondisi secara umum di masing-masing wilayah, dan untuk informasi cuaca yang lebih akurat dan perubahan cuaca setiap saat, masyarakat dihimbau untuk mengakses aplikasi InfoBMKG. Dengan peringatan ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang mungkin terjadi dalam beberapa hari mendatang.