politik

PDIP Kutuk Aksi Penembakan di Dalam Masjid di Selandia Baru

Oleh: Ninding Yulius Permana Editor: Ninding Yulius Permana 10 May 2020 - 11:57 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta: PDI Perjuangan mengecam dan mengutuk keras tindakan teror penembakan di Masjid al-Noor dan Lindwood, Christchurch di Selandia Baru yang menyebabkan puluhan muslim meninggal.

"Peristiwa tersebut adalah duka bukan hanya bagi umat Islam, namun juga bagi dunia dan kemanusiaan. Tindakan tersebut adalah tindakan terorisme yang sama sekali tidak dibenarkan dengan alasan apapun dan bertentangan dengan prinsip kemanusiaan. Terorisme tidak berkaitan dengan agama manapun, sehingga kita hendaknya memisahkan antara ajaran agama dan perbuatan akibat ideologi kegelapan tersebut," ujar Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah dalam keterangan pers yang diterima Rasio Republik Indonesia, Sabtu (16/3/2019).

Basarah meminta pemerintah Selandia Baru agar segera mengusut tuntas motif dan pelaku penembakan serta dalang atas peristiwa tersebut dan memberikan hukuman seberat-beratnya kepada siapapun yang terlibat.

"Pemerintah Selandia Baru hendaknya terus melakukan  perlindungan khususnya terhadap  Warga Negara Indonesia (WNI) dan seluruh umat Islam di sana," tambahnya.

Tak hanya itu, kata dia, partainya juga meminta kepada segenap umat Islam di Indonesia untuk tetap tenang, tidak terpecah belah, tidak terprovokasi, dan jangan ikut-ikutan memperkeruh suasana dengan mengeluarkan pernyataan provokatif yang berpotensi mengganggu keamanan dan kondusifitas di dalam negeri.

"Meningkatkan kewaspadaan dini di dalam negeri terhadap ancaman terorisme serta turut aktif melaporkan ke pihak  berwenang jika menemukan informasi yang mengarah pada tindak pidana terorisme atas nama dan alasan apapun," pungkasnya.