Daerah

Jembatan Songing Sinjai Ambruk, Akses Antar Dusun Terputus

Oleh: Ayunia Anindiati Editor: Ika Fatmawati 23 Apr 2024 - 16:38 Bone

KBRN, Sinjai : Jembatan di Desa Songing, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ambruk, Senin (22/4/2024) sekira pukul 13.30 Wita. Hal ini terjadi akibat kuatnya arus sungai  yang disebabkan oleh tingginya curah hujan akhir-akhir ini.

Kepala BPBD Sinjai, Budiaman mengatakan jembatan tersebut merupakan penghubung antara Dusun Tonasa dengan Dusun Balemengko. Jembatan ini digunakan warga sebagai akses jalan pintas dari Desa Songing ke Desa Puncak.

"Saat ini kondisi jembatan tidak dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Sementara waktu ditutup, termasuk untuk pejalan kaki," jelas Budiaman.

Menurut Budiaman sebelumnya warga yang biasa melintas di jembatan tersebut hanya menempuh 100 meter menuju pasar. Namun saat ini warga harus menempuh jalan alternatif sejauh 1 Kilometer (Km). "Kita telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Sinjai untuk segera melakukan penanganan darurat," tutur Budiaman.

Diketahui, cuaca buruk terjadi pada hampir sebagian besar wilayah Kabupaten Sinjai akhir-akhir ini. Bahkan, dari hasil identifikasi BPBD Sinjai ada 12 titik longsor yang terjadi pada pekan lalu di ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Sinjai Borong dan Sinjai Barat.