Sepak Bola

Tim U-16 Fokus Peningkatan Fisik Pemain

Oleh: Naldi Kesaulya Editor: Reski Kurniawan 22 Apr 2024 - 21:35 Jayapura

KBRN, Jayapura : Tim U-16 Indonesia terus menggenjot fisik saat memasuki hari keempat pemusatan latihan di Yogyakarta. Hal itu sesuai dengan agenda yang diberikan oleh pelatih kepala tim, Nova Arianto kepada para staf pelatihnya. Sebanyak 36 pemain tersebut berlatih di lereng gunung merapi tempatnya di Griya Persada Resort & Hotel, Kaliurang, Yogyakarta dari tanggal 19 April 2024.

“Kita masuk di tanggal 18 April kedatangan pemain, tanggal 19 kita mulai latihan. Hari keempat, sesuai perintah head coach (Nova Arianto) intinya kita menaikkan kondisi fisik pemain, makanya kita ambil di Kaliurang, karena kita mau ambil physicalendurance (ketahanan fisik) pemain yang akan langsung ditangani oleh pelatih fisik. Coach Nova sendiri sedang bertugas bersama tim U-23. Kita staf pelatih hanya menjalankan apa yang beliau perintahkan,” kata asisten pelatih tim, Haryanto Prasetyo Adi Utomo.

Pelatih yang akrab dipanggil Tomi Haryanto itu mengungkapkan menu latihan timnya selama empat hari ini, “Menu latihannya selama ini adalah, kemarin kita sudah dua kali cross country, hari ini ada aerobik, jadi dari pelatih fisik memang sengaja hari ini kita naik, kemarin dari cross country kita ke lapangan dan sorenya ada latihan teknik.”

“Selanjutnya kita masih sama laltihannya, karena ingin menaikkan endurance pemain, banyak di ranahnya pelatih fisik, mungkin 60 persen di fisik, 40 persennya di teknik. Sore kita hanya sedikit teknik,” sambungnya.

Sementara itu, salah satu pemain bernama Ida Bagus Putu Cahya Permana mengatakan selama TC dia merasa letih. “Saya rasa tentunya pasti capek banget, tapi ya memang sudah kewajiban seperti itu, ya kita harus menjalaninya dan harus seratus persen,” tegasnya.

“Target saya adalah melakukan yang terbaik, dan bisa diakui oleh coach Nova tentunya.”

Terakhir dia mengatakan, jika ingin bertahan dan bersaing dengan pemain lainnya, dia harus lebih baik lagi mengatur jadwal istirahat. “Karena sangat mepet dengan waktu latihan, saya harus lebih bisa mengatur jadwal istirahat, sebelumnya saya sempat pegal-pegal. Tapi saya masih bisa menjalani latihannya. Hari ini tadi latihan fisik, targetnya lari empat putaran dalam waktu empat menit. Saya harus lebih meningkatkan fisik,” tutupnya.

Tim ini disiapkan guna untuk menghadapi gelaran Piala AFF U-16 pada 16 - 29 Juni 2024 mendatang. Pemusatan latihan mereka sendiri nanti akan berakhir di tanggal 6 Mei 2024.