hiburan

Pewarta Pulau Dewata Unjuk Kebolehan di 'Glowing Singing Contest 2019' 

Oleh: Hikmat Raharjo Oetomo Editor: 10 May 2020 - 11:56 kbrn-pusat
KBRN, Denpasar : Animo pewarta dari berbagai media di Bali sangat besar untuk mengikuti silaturahmi sekaligus lomba menyanyi yang diadakan Komunitas Jurnalis Tambang Bali bekerja sama dengan perusahaan pertambangan PT. Bumi Suksesindo (BSI), Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kegiatan lomba karaoke itu bertajuk 'Glowing Singing Contest 2019' tersebut mengambil lokasi di sebuah rumah karaoke keluarga di bilangan Gatot Subroto, Denpasar, Minggu (24/3/2019). 

Ketua Komunitas Jurnalis Tambang Bali Tri Vivi Suryani menjelaskan, kegiatan ini merupakan silaturahmi guna mempererat tali persaudaraan antarjurnalis. Namun pihaknya sengaja memformat kegiatan tersebut dalam bentuk acara lomba bernyanyi agar lebih rileks.

"Selain itu, kegiatan ini juga untuk lebih menyambung tali hubungan dengan PT. BSI. Sebelumnya antara Komunitas Jurnalis Tambang Bali dan PT BSI telah beberapa kali mengadakan aktivitas gathering dan kunjungan lapangan. Kedepan bagi teman-teman yang ingin mengetahui atau melihat langsung 'site' pertambangan ramah lingkungan, akan diagendakan untuk datang ke lokasi pertambangan PT. BSI di Banyuwangi dalam kegiatan 'tour site'," kata Vivi. 

Ia berharap, kedepan sinergitas Komunitas Jurnalis Tambang Bali dan PT. BSI terus terjalin dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat. Misalnya, melalui workshop, seminar lingkungan, dan pelatihan kebencanaan. 

Corporate Communications Manager PT. BSI, Teuku Mufizar Mahmud pada kesempatan yang sama mengemukakan, kerjasama dengan media telah berjalan beberapa tahun terakhir ini. Hubungan baik itu pun telah menghasilkan kerjasama yang diwujudkan dalam beragam kegiatan. 

"Apalagi saya pernah beberapa tahun menjalani tugas sebagai jurnalis Reuters, sehingga tidak memiliki jarak dengan rekan media. Bahkan sampai sekarang saya masih merasa sebagai bagian dari media, dan perasan ini terus bertahan sampai sekarang," kata pria kelahiran Aceh tersebut.

Meski PT. BSI terletak di Banyuwangi, Jawa Timur, akan tetapi Mufizar mengaku, keeratan hubungan bathin harus tetap dipertahankan. Apalagi selama ini, Bali dan Banyuwangi, saling saling mempengaruhi jika ada kejadian. Seperti saat peningkatan aktivitas Gunung Agung, banyak warga Pulau Dewata yang menyeberang dan menetap sementara di Bumi Lare Osing. Hal tersebut membuktikan, jarak Bali dan Banyuwangi tidak menghalangi keeratan bathin masyarakat kedua daerah itu. 

"Terima kasih atas kehadiran teman-teman, semoga kerja sama terus berlangsung dan sampai jumpa pada kegiatan lain di hari-hari mendatang," kata Mufizar yang juga menjadi salah seorang anggota dewan juri acara ini. 

Sementara itu, setelah melalui penilaian dan diskusi alot dari dewan juri (Teuku Mufizar Mahmud, Ari Wulandari dan Nyoman Sutarjana), diputuskan para pemenang pada acara ini adalah Juara I - Desak Putri Handayani (Nusa Bali), Juara II - Ketut Sugita (BaliNewsOnline), Juara III - Djoko Mulyono (Bali Tribun) dan juara harapan 1-6 meliputi: Anak Agung Seri Kusniarti (Tribun Bali), Dewa Sastra Sutadinata (Koran Metro), Nasri Aci (Liputan Bali), Komang Sriati (Laras Bali), Hasan (Metro TV) dan Nyoman Adi (Postpopuli.com).