info-haji-2022

Kuota Haji Kalteng 1.617 Orang Dengan ONH Rp. 37.885.084

Oleh: Edy Suroso Editor: 10 May 2020 - 11:56 kbrn-pusat

KBRN, Palangkaraya : Jatah kuota haji untuk Kalimantan Tengah tahun 2019 dipastikan tidak berubah dengan tahun sebelumnya, dimana untuk tahun ini Kalteng mendapatkan kuota haji sebesar 1.617 orang.

Hal demikian diungkapkan Kasi Pembinaan Haji Dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kalimantan Tengah H Muhammad kepada RRI. Dijelaskan dari total 1.617 diantaranya untuk jamaah murni sebanyak 1.603 sedangkan tim TPHD sebanyak 14 orang, selain tidak ada perubahan terhadap kuota, tahun ini biaya naik haji Rp 37.885.084, artinya lebih murah dari tahun sebelumnya.

Terkait persiapan ibadah haji sendiri, pihaknya jauh hari sebelumnya telah melakukan berbagai persiapan, antara lain tengah menyusun administrasi jamaah yang dipastikan berangkat dan menyiapkan penampungan asrama haji. Pemberangkatan jamaah haji masih menggunakan sistem embarkasi antara dari bandara Cilik Riwut menuju embarkasi Banjarmasin.

“Tahun ini embarkasi masih di Banjarmasin, jamaah asal Kalteng berkumpul di asrama haji sebelum berangkat, kemudian diterbangkan melalui bandara Cilik Riwut menuju ke tempat embarkasi Syamsudinor,” kata Muhammad kepada RRI Rabu (27/3/2019)

Menyikapi tidak adanya perubahan kuota haji dari tahun sebelumnya, umat islam yang baru saja mendaftarkan diri, harus rela menunggu 19 tahun lamanya, dengan rincian saat ini jumlah antrian sudah mencapai 31 ribu di loket pendaftaran haji, sehingga masyarakat diharapkan bersabar sambil berdoa agar ada penambahan kuota lagi dari pemerintah Arab Saudi, agar antrian panjang dapat diperpendek