hiburan

Ajang Content Creator ICCS 2019 Explore Dufan Berlangsung di Taman Impian Jaya Ancol

Oleh: Immanuel Christian Editor: 10 May 2020 - 11:56 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Eksklusif hanya bagi pembuat konten yang terdaftar dalam ajang Indonesia Cotent Creator Summit (ICCS) 2019. Para peserta berjumlah 60 orang yang berasal dari Jakarta, Medan, Bandung dan Jogjakarta ini akan bisa sepuasnya explore kawasan Dufan malam hari.

ICCS 2019 diselenggarakan karena melihat potensi fenomena pembuat konten di media sosial yang cukup ramai akhir-akhir ini ditambah perkembangan media sosial di Indonesia saat ini sudah begitu pesat. Menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam laporan Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017, sebanyak 143,26 juta jiwa penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Dari keseluruhan pengguna tersebut sebanyak 87,13% dihabiskan untuk mengakses media sosial.

Hal ini menandakan bahwa bermedia sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup kebanyakan masyarakat Indonesia. Tidak heran semakin banyak pula para pengguna media sosial yang juga menjadi pembuat konten atau content creator social media seperti Youtube dan Instagram.

Tren tontonan yang digemari penonton global dan Indonesia masih sejalan. Konten pertama yang mendominasi adalah musik, diikuti oleh entertainment. Saat ini, sebagian besar pembuat konten di Indonesia masih didominasi anak muda dengan kisaran usia 18-35 tahun.

Melihat fenomena yang sangat potensial ini, Taman Impian Jaya Ancol menggelar “The 1st Indonesia Content Creator Summit (ICCS) 2019” yang dilaksanakan di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Jumat-Minggu (29-31/3/2019). Acara ini merupakan wadah bertemunya para pembuat konten di seluruh Indonesia untuk menggaungkan pemahaman menyeluruh tentang konten-konten yang bermutu dan dibuka oleh ubernur Propinsi DKI, Anies Baswedan.

ICCS 2019 akan menghadirkan pembicara yang merupakan praktisi pembuat konten khususnya di dunia digital antara lain Najwa Shihab (Founder Narasi tv), Ryan Rahardjo  (Government  Relation Google Indonesia), serta para pembuat konten seperti: Awaneko, RFKY, Bena kribo, Arbain Rambey, Rene Suhardono dan Prabu Revolusi. 

Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari ini juga akan mengajak seluruh peserta untuk menjelajahi seluruh destinasi wisata yang terdapat di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, termasuk menyambangi Pulau Bidadari yang baru saja dibuka kembali dengan tema baru “Gateway To Batavia”. Selain itu peserta juga akan diajak menjelajahi Jakarta dengan menggunakan beragam jenis transportasi yang tersedia seperti transjakarta, LRT dan MRT.

“Kami adakan kegiatan ini selain menjadi ajang temu dan sharing, juga ingin meningkatkan animo para content creator agar dapat lebih aktif untuk berkarya,” ucap C. Paul Tehusijarana, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (Rel)