sigap

Tokoh di Sabang Dapat Anugerah Penghargaan dari Kapolri

Oleh: Hadi Budhi Santoso Editor: 10 May 2020 - 11:49 kbrn-pusat

KBRN, Sabang: Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, anugerahkan penghargaan prestasi Pin Emas Kapolri atas prestasi Sinergitas 3 Pilar terbaik Kepulauan Terluar tahun 2019, kepada para Lurah/Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, di Jakarta. Jumat 5 Juli 2019 (tanggal surat petikan).

Penghargaan prestasi selain berupa Pin Emas dan juga dana apresiasi Kapolri tahun 2019 tersebut, diberikan kepada Anggota Kepolisian dan TNI berprestasi serta Warga Negara Indonesia yang membantu tugas Kepolisian, salah satunya selain di anugerahi kepada Keucik Gampong (kepala desa) Cot Ba'u Sabang Provinsi Aceh, Adnan Hasyim, serta tabungan apresiasi berjumlah Rp 15 juta.

Juga kepada Bhabinkamtibmas (2016) Polres Sabang Brigadir Nurul Zahry di anugerahi Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) satu tingkat menjadi Bripka serta tabungan apresiasi Rp 15 juta, juga kepada Babinsa Kodim 0112 Sabang Gampong Cot Ba'u Kecamatan Sukajaya Sabang, Serka Zulfikar dianugrahi tabungan apresiasi Rp 15 juta, atas prestasi Sinergitas 3 Pilar terbaik pada Kepulauan Terluar tahun 2019, pada hari puncak peringati HUT Bhayangkara ke 73 di Jakarta. Rabu (10/7/2019)

Sementara itu, Adnan Hasyim (sapa akrab Ayah Nan) mengatakan, menurut Kapolri penghargaan prestasi tersebut diperoleh dengan beberapa kreteria penilaian.

"Kepolisian Negara Republik Indonesia wilayah Aceh menilai pulau terluar yang mana kepala desanya itu yang bisa membantu sepenuhnya kegiatan Polri, terpilihlah Cot Ba’u kepala desa terbaik untuk mengikuti hari Bhayangkara ke 37 di Jakarta, untuk dapat penghargaan Pin Emas itu kami dapat langsung dari Kapolri, jadi dianggab desa Keucik Cot Ba’u itu dapat membantu kerja sama tentang keamanan dan ketertiban," paparnya di ruang kerja kantor Gampong Cot Ba'u Kecamatan Sukajaya Sabang. Senin (22/7/2019)

Seiring jumlah banding Kepolisian dengan masyarakat, menurut Ayah Nan, jumlah Kepolian Polres Sabang dengan masyarakat di Sabang berbanding 1:30 (1 Polisi 30 masyarakat), idealnya jumlah Kepolisian Polres Sabang dengan masyarakat di Sabang dapat berbanding 1:15 orang, harapnya.

Dalam kerangka itu Kapolri Tito Karnavian berharap kedepan kepada kepala desa lain maupun pulau terluar seluruh Indonesia dapat membantu kepolisian.

Dipengujung acara serimonial peringati HUT Polri ke 73 di Jakarta, ke tiga perangkat desa Keucik, Bhabinkamtibmas Polres Sabang, dan Babinsa Kodim 0112 Sabang Gampong Cot Ba'u Kecamatan Sukajaya Sabang, mengabadikan momen foto bersama dengan mantan Kapolres Sabang AKBP Nurmeiningsih.

Ditempat terpisah, Walikota Sabang Nazaruddin, Dandim 0112 Sabang Letkol Adang Purnama dan Kapolres Sabang AKBP Syahrul, ucapkan apresiasi kepada para Lurah/Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, atas prestasi Sinergitas 3 Pilar terbaik Kepulauan Terluar tahun 2019, berupa penghargaan di anugerahi Pin Emas dari Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, di Jakarta.