tanggap-bencana

Hadapi Musim Kemarau, BPBD Sumedang Gencar Berikan Edukasi Penanggulangan Bencana

Oleh: Editor: 10 May 2020 - 11:48 kbrn-pusat
KBRN, Sumedang :  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang gencar lakukan upaya mitigasi bencana dalam menghadapi musim kemarau salahsatunya, memberikan edukasi penanggulangan bencana kepada masyarakat dan relawan bencana yang ada di Sumedang.

Demikian disampaikan, Kepala BPBD Sumedang, Ayi Rusmana, disela kegiatan Penguatan Kapasitas Kelembagaan Penanggulangan Bencana di Aula Kantor Kecamatan Tanjungsari Sumedang, Kamis (25/7/2019).

"Kendati Sumedang menduduki peringkat ke 14 tingkat kerawanan bencana dari 27 Kabupaten/Kota se Jawa Barat (Jabar) namun, kami terus mengoptimalkan mitigasi potensi bencana di setiap wilayah rawan bencana," katanya.

Sehingga, sambung Ayu, dalam menghadapi mitigasi bencana, tidak hanya dilakukan oleh BPBD namun, masyarakat dan relawan sangat diharapkan peransertanya.

"Saat ini terdapat 15 komunitas relawan yang sudah terbentuk di 15 kecamatan dari 26 kecamatan se-Kabupaten Sumedang, idealnya tiap kecamatan, ada tim relawan bencana," terang Ayi.

Meski demikian, Imbuh Ayi, dari berbagai potensi bencana yang ada di Sumedang seperti, banjir, longsor, gempa bumi, kebakaran dan bencana lainnnya, BPBD Sumedang mengimbau agar masyarakat lebih mewaspadai potensi bencana kebakaran saat musim kemarau, mulai yang terjadi pada lahan kekeringan hingga kawasan perumahan.

"Hingga saat ini, masih didominasi oleh bencana kabakaran hunian, sedangkan kebakaran lahan sudah lebih dari 5 kasus dan kedepannya masih berpotensi terjadi bencana serupa," tandasnya.

Sementara itu, Camat Tanjungsari, Ida Farida Sobandi mengapresiasi kesiapan relawan bencana dalam menghadapi musim kemarau ataupun di musim penghujan.

"Kami imbau agar masyarakat terus waspada mengingat, segala potensi bencana yang akan terjadi khususnya di musim kemarau ini. Selain itu, guna mendukung peranserta relawan bencana, kami akan memfasilitasi Posko Bencana di Kecamatan Tanjungsari," pungkasnya.