internasional

Rayakan Hari Kemerdekaan RI, WNI di Lebanon Antusias Ikuti Upacara Bendera

Oleh: Retno Mandasari Editor: Super Admin Portal RRI.co.id 10 May 2020 - 11:47 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Bulan Agustus ini, Bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak kalah semangatnya dengan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Lebanon. Antusiasme para WNI dalam merayakan Hari Ulang Tahun ke-74 RI pantas diacungi jempol. Mereka datang ke kantor KBRI di ibu kota Beirut sejak pagi atau sekitar pukul 06.30 pagi waktu setempat, demi mengikuti upacara bendera, Sabtu (17/8/2019).

Kegiatan tahunan ini dihadiri oleh puluhan Masyarakat Indonesia yang terdiri dari WNI, mahasiswa dan keluarga besar KBRI. Hadir pula Duta Besar RI untuk Lebanon Bapak Hajriyanto Y. Thohari yang bertindak sebagai Inspektur upacara.  Suasana khidmat menyertai para peserta upacara yang diiringi lantunan lagu Indonesia Raya, saat pengibaran bendera. 

Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Beirut, Basyiruddin Hidayat, menceritakan para WNI itu datang dari wilayah luar kota Beirut, seperti Akkar, Bekaa hingga Tripoli. Untuk bisa ke kantor KBRI Beirut, mereka menempuh perjalanan 1 jam - 2 jam. 

Husnul Amal, salah seorang WNI yang mengikuti upacara mengatakan bahwa dia sudah berada di KBRI sejak pagi, pukul 06.30. “Ya, supaya bisa mengikuti upacara tepat waktu. Karena rumah kami jauh dari Kedutaan” jelasnya. 

Sebelumnya, beragam perlombaan olahraga telah dipertandingkan antara WNI untuk merajut kebersamaan dan menghadirkan rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah dicapai oleh para Pahlawan. Mulai dari lomba tenis meja, bulu tangkis, bola futsal, lomba karaoke dan fungames lainnya.

Dubes Hajriyanto mengatakan, rangkaian kegiatan hari kemerdekaan yang dilakukan KBRI Beirut telah menguatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, apalagi posisi mereka jauh dari Ibu Pertiwi. 

Upacara bendera, menjadi hari puncak peringatan HUT ke-74 RI, lalu dilanjutkan dengan pesta rakyat dan pembagian door prize dan hadiah bagi para pemenang lomba. (Rilis)