info-haji-2022

Menkes Minta Manasik Haji Ajarkan Cara Adaptasi di Arab Saudi

Oleh: Indra Widyastuti Editor: Syarif Hasan Salampessy 10 May 2020 - 11:45 kbrn-pusat
KBRN, Madinah : Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek meminta manasik haji tidak hanya mengajarkan tentang tata cara beribadah, tetapi juga mengajarkan jemaah untuk beradaptasi dengan kondisi di Arab Saudi. Hal ini mengingat banyak jemaah mengalami demensia karena tidak mampu beradaptasi.

Menurut Menkes, banyak jemaah yang mengalami demensia sebelumnya dalam kondisi sehat saat berangkat dari tanah air.
Tidak mampunya jemaah haji beradaptasi mulai dari di pesawat terbang hingga tiba di Tanah Suci, menjadi salah satu faktor penyebab gangguan demensia atau pikun itu muncul.

"Jadi bukan berarti mereka juga sakit sebelumnya. Kami bisa membayangkan seseorang yang demensia ini dengan perubahan ke negara asing bagi mereka yang belum pernah pergi kemana-mana, ada yang petani, satu perubahan budaya yang luar biasa bagi mereka. Tentu mereka syok kejiwaannya" kata Nila F Moeloek pada acara malam ramah tamah di KKHI Madinah, Kamis (12/9/2019) malam Waktu Arab Saudi.

Nila F Moeloek mengatakan, hingga kini masih ada sekitar 100 jemaah haji demensia dirawat di KKHI Makkah dan Madinah. Para pasien demensia yang didominasi lansia itu lupa akan dirinya dan kondisi sekitarnya. Demensia tersebut banyak dialami jemaah haji gelombang 1 dan 2 sejak sebelum puncak haji dimulai sampai pasca Armuzna.

Oleh karena itu, Nila F Moeloek meminta manasik haji juga mengajarkan jemaah untuk beradaptasi dengan kondisi di Arab Saudi.

"Saya meminta kalau bisa manasik itu jangan hanya mengajarkan bagaimana ibadah haji. Tolong pak, ajarkan juga bagaimana masuk kapal terbang, bagaimana toiletnya, dan lainnya sampai di di Tanah Suci ini apa yang harus mereka lakukan dan apa yang terjadi," ujarnya.

Sementara Dirjen PHU Kemenag, Nizar Ali yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengaku pihaknya sudah mulai mengajarkan hal-hal lain kepada jemaah dalam proses manasik haji. Antara lain cara menggunakan toilet di pesawat, peralatan di hotel hingga kondisi di Arab Saudi terutama perubahan suhu di Arab Saudi yang cukup ekstrem jauh dari tanah air.

Foto : MCH/Darmawan