pemilu-2019

KPU Banyumas Susun Peta Politik Hasil Pemilu 2019

Oleh: SUPRIANTO Spj Editor: 10 May 2020 - 11:44 kbrn-pusat
KBRN, Purwokerto :  Pasca selesai tahapan Pemilu 2019, KPU Kabupaten Banyumas melakukan kegiatan pengolahan data hasil pemilu. Satu diantaranya adalah membuat peta politik hasil pemilu legislatif DPRD Banyumas 2019.

Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi mengatakan, peta politik pemilu 2019 berbeda dengan hasil pemilu 2014.

"Baru-baru ini kami merilis peta politik hasil pemilu legislatif Banyumas 2019. Peta ini disusun berdasarkan perolehan suara tertinggi parpol di tiap kecamatan dari dokumen DB1-KPU," kata Imam Arif, Senin (16/9/2019).

Dari peta politik itu diketahui, PDIP menguasai 22 kecamatan. 22 kecamatan tersebut dalam peta berwarna merah yakni Purwokerto Utara, Purwokerto Selatan, Purwokerto Timur, Purwokerto Barat, Patikraja, Baturraden, Sumbang, Kembaran, Sokaraja, Kalibagor, Banyumas, Somagede, Sumpiuh, Kebasen, Jatilawang, Wangon, Gumelar, Ajibarang, Pekuncen, Cilongok, Karanglewas, dan Kedungbanteng. 

Sisanya lima kecamatan milik empat partai lain. Keempatnya adalah Partai Golkar meraih suara terbanyak di Kecamatan Purwojati, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Lumbir, Partai Gerindra di Rawalo, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kemranjen dan Tambak.

"Dibandingkan peta politik 2014 ada perbedaan karena perubahan partai pemenang di kecamatan. Perubahan di Kecamatan Lumbir, Purwojati, Rawalo, Kedungbanteng , Kemranjen dan Tambak," kata Hanan Wiyoko, anggota KPU Banyumas.

Ia menambahkan, pada peta politik 2014 untuk Kecamatan Lumbir yang menang Partai Golkar, namun kini PKS. Kecamatan Purwojati pada 2014 yang menang PDIP kini Partai Golkar. Kecamatan Rawalo pada 2014 yang menang PAN kini Gerindra. Kemudian  Kecamatan Kedungbanteng pada 2014 yang menang PKB kini menjadi PDIP. Untuk Kecamatan Kemranjen dan Tambak, pada 2014 lalu milik PDIP kini berubah hijau milik PKB.

"Perubahan ini kami analisa terjadi salah satu faktornya berkat kinerja caleg yang berkompetisi dalam Pileg 2019 kemarin. Secara perseorangan di kecamatan-kecamatan tersebut ada yang menonjol atau menjadi basis massa sehingga bisa memberi warna," kata Hanan.

Ia berharap dengan disusunnya peta politik hasil pemilu 2019 ini bisa menjadi kajian data bagi pihak berkepentingan. Selain penyusunan peta politik yang sudah tersaji ini, KPU Banyumas juga sedang mengolah data hasil pemilu lainnya.