info-publik

Gizi Optimal dan Kematangan Emosi, Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak

Oleh: Anik Hasanah Editor: 10 May 2020 - 11:44 kbrn-pusat
KBRN, Surabaya : Pemenuhan gizi secara optimal dan kematangan emosi, dapat memaksimalkan tumbuh kembang anak. Hal itu terungkap pada acara workshop "Grow Happy Parenting", yang diikuti puluhan ibu ibu di Surabaya, Rabu (18/9/2019).

Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan pencernaannya dalam kondisi sehat. Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) mengatakan, Kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal.

"Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik," ujarnya. 

Di antara sekian banyak probiotik, Lactobacillus reuteri, katanya, merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe dan yoghurt.

Tak hanya memastikan asupan nutrisi, orang tua juga harus memperhatikan kematangan emosi anak. Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC mengatakan, kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur. 

"Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi, dan lebih bahagia," ucapnya. 

Orang tua, tambah Lizy panggilan akrabnya, juga sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak, misalnya berolahraga bersama, karena membiasakan gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik.

Workshop "Grow Happy Parenting", yang merupakan persembahan Nestlé LACTOGROW bersama dengan para pakar ini adalah upaya berbagi ilmu untuk membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi dan mengembangkan kematangan emosi anak. 

"Mulai dari pendekatan psikologis hingga cara menjaga kesehatan saluran cerna, agar orang tua dapat mendukung anak tumbuh bahagia," ujar Brand Executive Nestlé LACTOGROW Pramudita Sarastri.

Setelah tahun lalu bersama-sama memahami pentingnya kebahagiaan keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak, tahun ini, Nestlé LACTOGROW mengajak orang tua untuk mendukung anak tumbuh bahagia dengan menggelar rangkaian workshop “Grow Happy Parenting: Happy from the Inside Out”, di delapan kota di Indonesia. 

"Tema ini dipilih karena kami percaya, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak," tuturnya.