olahraga

Alasan Fakhri Coret Tiga Pemain dari Timnas U-19

Oleh: Editor: 10 May 2020 - 11:43 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta: Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Fakhri Husaini telah mencoret tiga pemainnya.  Ketiga pemain itu adalah Jarson Armandi (PPLP Papua), Taufik Alif Hidayat (PPLP Sumatra Barat) dan Ikhwan Ali Tanamal PPLP Bogor). 

Fakhri menyebut, pencoretan ketiga pemain itu murni karena persaingan yang ketat. Menurutnya, di dunia sepak bola biasa terjadi pencoretan apalagi dalam proses seleksi. Oleh karena itu kapten timnas Indonesia era 90-an itu berharap mereka yang dipulangkan, tak patah semangat.

"Di sepak bola, dipanggil ke timnas, dicoret, jadi pemain cadangan, kena hukuman, kartu kuning dan merah itu bagian dari perjalanan mereka untuk bisa jadi pemain hebat,” ujar Fakhri Husaini seperti dikutip situs resmi PSSI, Jumat (4/10/2019). 

“Artinya, kepada tiga pemain kemarin saya berpesan bahwa jangan kecewa di sepak bola, hal yang mereka alami adalah kondisi biasa,” tambahnya. 

Lebih lanjut, pelatih berkumis tebal itu juga menjelaskan dicoretnya ketiga pemain itu bukan berarti kesempatan mereka untuk kembali ke Timnas Indonesia tertutup. Namun sebaliknya, Fakhri berharap pencoretan itu bisa menjadi motivasi mereka untuk bisa lebih baik lagi kedepannya. 

Saya berharap mereka termotivasi untuk mereka latihan lebih keras, serius, kuat, agar performa mereka bisa lebih baik. Tidak tertutup kemungkinan, karena mereka masih muda, banyak waktu untuk membela timnas Indonesia. Saya berharap, saya kembalikan mereka untuk lebih baik lagi," jelasnya. 

Dengan dicoretnya tiga pemain itu, kini pemusatan latihan timnas (pelatnas) yang dipersiapkan untuk laga uji coba melawan China dan Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 menjadi 27 orang.