kuliner-nusantara

Dukung Diplomasi Kuliner, Chef Vania Tampil di Adana Turki

Oleh: Hayatun Sofian Editor: 10 May 2020 - 11:43 kbrn-pusat
KBRN, Mataram : Mendukung upaya KBRI Ankara untuk melakukan diplomasi kuliner di Turki, Chef Vania hadir dan beraksi di Festival Kuliner Internasional Adana (Uluslararasi Adana Lezzet Festivali), 4-6 Oktober 2019. Chef Vania didampingi oleh Chef Heru dari Ankara. 

Saat melakukan demo masak (cooking demo) di panggung utama yang disaksikan oleh ribuan penonton, Chef Vania menampilkan Sate Lilit Lombok dan Lawar.  Didahului dengan penampilan 4 tarian Indonesia dari berbagai daerah, atraksi Chef Vania di panggung disambut antusias oleh penonton, baik saat menyaksikan demo maupun saat mencicipi masakan. 

”Saya nggak menyangka mereka begitu antusias menonton dan mencicipi. Bener-bener happening acaranya”, ujar Chef Vania sehabis dikerumi penonton yang mencicipi masakannya, Sabtu malam (5/10/2019) dalam siaran persnya.

Selain melakukan demo masak di panggung utama, Chef Vania juga melakukan demo memasak di stand Indonesia. Di stand seluas 40m2 tersebut, KBRI Ankara menampilkan makanan dan minuman khas Indonesia untuk dicicipi oleh ribuan pengunjung yang terus mengantri selama 3 hari festival. 

"Ada kesamaan cita rasa antara orang Adana dengan orang Indonesia. Persaudaraan kita ditambah satu ikatan, ikatan cita rasa. Terima kasih Indonesia", ujar Mahmut Demirtas, Gubernur Adana yang bersama Duta Besar RI Ankara dan Walikota Adana membuka secara resmi Festival tersebut. 

”Hmmm, ada rasa yang unik yang tidak familiar di lidah. Tapi enak banget. Bikin ketagihan”, ungkap Ibu Penar Hulusi, salah seorang penonton yang mencicipi masakan di stand Indonesia. 

Festival Kuliner Adana kali ini adalah edisi ketiga, sejak pertama kali diadakan tahun 2017 lalu. Diperkirakan sekitar 500 ribu orang mengunjungi pada tahun 2018 lalu. Tahun ini ditargetkan 1 juta orang akan mengunjungi hingga hari terakhir. 

Indonesia hadir sebagai tamu kehormatan Gubernur Adana. Selain Indonesia terdapat 17 negara lainnya yang berpartisipasi. Dalam festival tahun ini Provinsi Adana memecahkan Guiness Book of Record dengan memasak Adana Kebab terpanjang di dunia (222 meter).