• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Pesona Snowdonia dan Zipworld Ekstrem Pemacu Adrenalin

6 October
19:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Snowdonia adalah sebuah wilayah di barat laut Wales yang terkonsentrasi sekitar pegunungan dan bentang alam gletser Taman Nasional Snowdonia seluas 823 mil persegi (2.130 km2). Gunung Snowdon yang bersejarah menawarkan pemandangan melintasi laut menuju Irlandia. Taman ini juga memiliki jalan setapak yang luas, lebih dari 100 danau, dan puncak-puncak terjal seperti Cader Idris dan Tryfan.

Nama Snowdonia berasal dari Snowdon, yang merupakan gunung tertinggi di Wales pada ketinggian 1.060 kaki (1.085 m), dan di Wales, daerah itu bernama Eryri. Kepercayaan masyarakat sekitar hingga saat ini, nama tersebut berasal dari kata eryr (burung elang). Dengan demikian, daerah tersebut sampai sekarang dinamakan 'tempat tinggal' atau 'tanah elang'. Istilah Eryri pertama kali muncul dalam sebuah manuskrip di Historia Brittonum abad ke-9, dalam kisah kejatuhan raja abad ke-5 semi-legendaris, Gwrtheyrn (Vortigern).  Pada Abad Pertengahan, gelar Pangeran Wales dan Lord of Snowdonia (Tywysog Cymru ac Arglwydd Eryri) digunakan oleh Llywelyn ap Gruffudd.

Snowdonia memiliki tempat unik dalam sejarah, tradisi, dan budaya negara Wales. Snowdonia juga merupakan salah satu bagian terbasah di Britania Raya, dengan Crib Goch in Snowdonia sebagai tempat terbasah di Inggris. Curah hujan di sana rata-rata 4.473 milimeter (176,1 in) setahun selama 30 tahun terakhir.

Dengan sejarah panjang dan keadaan alam yang sangat indah dan menantang, ternyata sekarang pemerintah Wales berhasil mengubah kawasan dataran tinggi dan semua bagian dari Snowdonia menjadi destinasi wisata alam ekstrem.

Memacu Adrenalin di Snowdonia

Kevin Rushby bersama putrinya, Maddy, yang berusia 16 tahun, terus menyusuri lereng Crib Goch ke puncak Snowdon. Keduanya berputar sambil mendaki punggung bukit terjal melengkung bagai pisau. Meski begitu, harus diakuinya, pemandangan selama proses memutar dan mendaki itu spektakuler di kedua sisi. Walau memanjat sambil berpegang kuat pada pinggiran tebing, akan tetapi mata mereka berdua tak henti menikmati sajian alam indah di sekelilingnya.

"Ini pertama kalinya saya di gunung," kata Maddy ditirukan Rushby, seperti dilansir The Guardian, Sabtu (5/10/2019).

Setelah berada di puncak tertinggi Snowdon melalui lereng Crib Goch, mereka beristirahat sejenak untuk persiapan masuk ke tantangan selanjutnya yakni Zipworld. Dimana tubuhmu berada di atas kereta luncur yang terikat menggantung dan siap melesat deras ke bawah. Disinilah adrenalinmu berpacu seiring semakin cepatnya degup jantung. 

Tambang batu tulis tua Snowdonia, yang dulu sangat merusak pemandangan, kini menjadi jalur Zipworld di Penrhyn quarry (Velocity 2), Snowdonia. Velocity 2 juga menjadi zipline tercepat di dunia, plus trek karting terbaru. Berbekal video pelatihan, peralatan keselamatan tingkat tinggi, bahkan kabel pelatihan, Rushby dan Maddy kini siap meluncur sama-sama ke bawah. Kendaraan buatan Jerman sebagai bagian utama Zipworld ini memiliki rem demi mengatasi kemiringan yang hampir vertikal untuk memacu kecepatan. Saat meluncur, jalur diatur melewati tikungan jepit rambut (sempit), terowongan, dan berbagai chicanes serta tetesan curam. 

Syarat bagi yang ingin menikmati zipworld adalah berat badan 30-120 kg, tinggi 4-7 feet, usia minimal 10 tahun, dan bagi usia 10-17 tahun harus ditemani orang tua atau minimal orang dewasa. Bagi Rushby dan Maddy, zipworld ini sangat menyenangkan dan aman, karena dapat mengendalikan rem sendiri, yang artinya setiap orang bebas memilih tingkat kecepatannya masing-masing.

Adventure Park Snowdonia

Penjelajahan selanjutnya adalah berkemah di Adventure Park Snowdonia yang terletak di desa Dolgarrog, bekas tempat peleburan alumunium yang disulap menjadi  laguna selancar dengan berbagai fasilitas dalam ruangan. 

Raison d'hotre Adventure Park merupakan laguna dangkal sepanjang 300 meter, dengan lapisan salju di bawah air yang mendorong gelombang naik dua meter setiap 90 detik. Kemampuan berselancar ikut menentukan karena tata letak terumbu karang di bawah air tak bisa dianggap remeh. Jangan sampai terantuk dan jatuh begitu saja ke air. 

"Ini bukan pengalaman yang murah, tetapi prediksi dan keteraturan gelombang berarti teknik berselancar dapat ditingkatkan dengan cepat," demikian kata Rushby.

Ada banyak lagi petualangan yang tersedia di kawasan Snowdonia, seperti menyusuri River Conwy atau mengayuh kayak di Lugwy. Para bikers gunung juga dapat memanjat Snowdon kemudian turun di jalan bebas hambatan (kecuali antara jam 10 pagi sampai jam 5 sore, Mei-September). Tetapi petualangan sempurna setiap individu berbeda dan untuk mendapatkannya memerlukan sedikit eksperimen. 

Jika ingin menguji batasan adrenalin dan pencapaiannya sekaligus, Crib Goch dan Zipworld Penrhyn quarry (Velocity 2) selalu menjadi Snowdonia ultimate. (Foto: Kevin Rushby/The Guardian/Hipwee)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00