wisata

Umah Pitu Ruang Akan Dijadikan Pusat Seni dan Budaya Aceh Tengah

Oleh: Fitra Jayadi Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat

KBRN,Takengon : Rumah Adat Gayo yakni Umah Pitu Ruang yang berada di Kampung Kemili, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah direncanakan akan menjadi pusat seni dan budaya.

Camat Bebesen Arisa Putra kepada RRI mengatakan, nantinya Umah Pitu Ruang memapilkan berbagai hal terkait seni dan budaya yang dimiliki masyarakat dataran tinggi tanoh gayo.

Dijelaskan, dalam mewujudkan hal tersebut pihaknya berharap pengelolaan rumah adat yang memiliki Tujuh ruangan itu, dapat diberikan kepada Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) setempat.

 “Kami sudah berkomitmen bersama pemerintah kampung disana, agar menjadikan ini sebagai pusat seni dan budaya, jadi berbagai kegiatan seni dan budaya, akan kita arahkan semua kesana,” katanya, Rabu (9/10/2019).

Arisa Putra menambahkan, dengan menjadi pusat seni dan budaya keberadaan Umah Pitu Ruang juga diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional.

Disebutkan, selama ini jumlah wisatawan maupun masyarakat yang berkunjung ke rumah adat yang berada di kawasan kantor Dinas Periwisata, kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) masih tergolong kecil.(FJ)