info-publik

Raja Galuh Pakuan, Cari Raja Rimba di Hari Sumpah Pemuda

Oleh: Ruslan Efendi Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat

KBRN Subang : Momentum Peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktiber 2019 mendatang, Galuh Pakuan siap menggelar lomba lintas alam, dengan tema "Mencari Jawara Rimba, Di Moment Sumpah Pemuda". Gelaran tersebut  bekerjasama dengan Maha Pala STKIP Subang dan akan berlangsung Sabtu dan Minggu 26-27 Oktober 2019.

Ketua Panitia Lintas Alam Galuh Pakuan "Mencari Raja Rimba Di Moment Sumpah Pemuda", Gigin Suryalaga mengatakan, tujuan digelarnya lomba, guna menanamkan rasa cinta para pemuda terhadap keberadaan hutan, dan lingkungan hidup.

Menurut Gigin, selain lomba lintas alam nanti para peserta akan diedukasi tentang manfaat hutan, baik itu hutan lindung, hutan konservasi, hutan produksi dan tentang hutan rakyat, serta konservasi sejumlah sumber mata air.

"Sehingga dengan lomba lintas alam itu nanti, generasi muda yang ikut terlibat dalam lomba lintas alam itu nanti, akan kita edukasi tentang manfaat hutan untuk kehidupan, sehingga dengan lomba ini juga kita tanamkan kecintaan para pemuda terhadap hutan, dan lingkungan hidup," ujar Gigin kepada wartawan di Subang, Rabu (9/10/2019).

Selain itu dikatakan Gigin, lomba lintas alam "Mencari Raja Rimba Di Momentum Sumpah Pemuda" mengambil rute melintasi Desa Bantarsari, Sukahurip Cikadu dan Cirangkong. Start dan finish akan dilaksanakan di kawasan Desa berbasis rempah, Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe. Perlombaan ini diharapkan bisa diikuti oleh ribuan peserta, dari pelajar, mahasiswa dan umum.

"Lomba lintas alam ini memperlombakan 3 katagori yakni, kategori Sispala, Mapala dan umum, yang diharapkan bisa diikuti ribuan peserta pecinta alam," ungkapnya.

Alasan Kawasan Desa berbasis rempah dijadikan tempat Start dan finish kata Gigin, Desa Cirangkong termasuk Desa Bantarsari dan Cikadu masuk dalam Desa Digital, sekaligus memperkenalkan desa digital kepada para peserta.

"Ini yang akan lebih menarik bagi para peserta lomba, selain para peserta berlomba dalam lintas alam ini, bisa mengenal lebih jauh lagi tentang desa digital, meski kita nanti sedang berada di dalam hutan dan desa terdalam di Kabupaten Subang, tetapi para peserta bisa berinternet dengan mudah, murah dan cepat," terang Gigin.

Dalam lomba lintas alam Raja Galuh "Mencari Raja Rimba Di Momentum Sumpah Pemuda", panitia menyediakan total hadiah sebesar Rp7,5 juta untuk para pemenang lomba, juga fasilitas T-Shirt, Sticker dan Masak Rimba.