peristiwa

Mendikbud Perintahkan Sekolah Cek Murid Agar Kembali Sekolah

Oleh: Rini Hairani Editor: Syarif Hasan Salampessy 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan kegiatan belajar mengajar di Wamena, Papua pascakerusuhan sudah kembali normal.

Kementeriannya pun sudah mengirimkan bantuan ke lima titik mulai dari Wamena hingga distrik-distrik di Kabupaten Jayawijaya, pada Selasa (08/10/2019).

"Di Papua kan kegiatan belajar sudah mulai jalan. Kami sudah kirim bantuan dan sudah disistribusikan," ungkap Muhadjir, di Gedung A,  Kemendikbud,  Jakarta, Rabu (09/10/2019).

Meski kegiatan belajar mengajar sudah berangsur normal, namun menurut Muhadjir ada persoalan lain yakni banyak anak-anak yang ikut orang tuanya mengungsi.

"Ada masalah karena anak-anak ini banyak yang ikut orang tuanya mengungsi. Karena itu saya imbau kepada semua sekolah yang berdekatan dengan rumah tinggal para pengungsi supaya anak-anakya ditampung di sekolah terdekat," kata Muhadjir.

Oleh karena itu,  Muhadjir berpesan agar jangan sampai anak-anak yang ikut mengungsi turut menjadi korban bahkan hingga membuat sekolahnya terputus. Dia kembali mengingatkan sekolah-sekolah di Papua untuk aktif mencari anak-anak didik di pengungsian untuk dirangkul kembali ke sekolah.

"Jangan ditunggu tapi harus dicari didatangi supaya kemudian diajak segera masuk sekolah. Jangan sampai kemudian anak-anak ikut orangtuanya mengungsi kemudian sekolahnya terbengkalai," tambahnya.