peristiwa

Indonesia-Singapura Tingkatkan Kerjasama Sektor Transportasi

Oleh: Immanuel Christian Editor: Syarif Hasan Salampessy 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta: Setelah menyepakati Kerangka Negosiasi FIR, Kedua negara juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama di sektor transportasi. Menhub menyampaikan inisiatif Indonesia untuk melakukan kerjasama pendanaan proyek infrastruktur transportasi dengan Singapura seperti proyek Kereta Api (KA) Makassar-Parepare dan Bandara Labuan Bajo melalui skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

“Berkaitan dengan Bandara Labuan Bajo, memang sedang dilakukan finalisasi kerjasama dengan Changi Singapura. Jika ini berhasil, maka ini menjadi satu hal yang baik dan diharapkan semakin meningkatkan pelayanan Bandara di daerah yang menjadi destinasi wisata prioritas yang tengah dikembangkan Pemerintah,” ungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, terkait KA Makassar-Parepare, akan dilakukan inisiatif mengkerjasamakan penyediaan Sarananya dengan pihak Swasta. Kemudian terkait Bandara Labuan Bajo, ada inisiatif kerjasama Pengembangan Pelabuhan Kendal oleh Perusahaan asal Singapura, PSA International Pte Ltd. Kerjasama tersebut diharapkan dapat mendukung pengembangan Kawasan Industri Kendal.

Menhub mengungkapkan, akan mendorong sektor Swasta kedua Negara untuk melakukan pertemuan Business To Business (B to B) untuk melakukan inisiatif-inisiatif kerjasama Proyek-Proyek unsolicited (Proyek yang diprakarasi Badan Usaha).

“Kami terus berdiskusi dengan Menteri Perhubungan Singapura terkait dengan inisiatif-inisiatif kerjasama di sektor transportasi,” pungkasnya.