olahraga

Si Underdog, Bung Kusnaeni Apresiasi Kinerja KP PSSI

Oleh: Danang Sundoro Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN, JAKARTA : Komite Pemilihan (KP) PSSI meloloskan delapan nama yang lolos sebagai calon Ketua Umum PSSI untuk Kongres Pemilihan pada 2 November 2019 mendatang. 

Sedangkan untuk calon Wakil Ketua Umum, KP meloloskan 13 nama dari 21 pendaftar. Salah satu calon Wakil Ketua Umum yang dinyatakan lolos adalah Mohamad Kusnaeni atau akrab disapa “Bung Kusnaeni”. 

Komentator sepak bola senior itu lolos bersama sejumlah nama lain, seperti Aven Hinelo, Beny Erwin, Cucu Sumantri, Jamal Aziz, Doli Sinomba Siregar, Esti Puji Lestari, Hasnuryadi Sulaiman, Hinca Panjaitan, Iwan Budianto, Tri Goestoro, Vijaya Fitriyasa, dan Jackson Kumaat.

Kusnaeni mengaku bersyukur namanya termasuk di antara yang dinyatakan lolos. “Saya mengapresiasi kinerja KP yang sudah bekerja keras memeriksa kelayakan semua kandidat yang melamar,” ujar Bung Kusnaeni dalam keterangan kepada Radio Republik Indonesia (RRI) di Jakarta, Kamis (10/10/2019) malam. 

“Tidak mudah memeriksa ratusan dokumen dari ratusan kandidat yang mengajukan diri.” lanjut Kusnaeni yang juga operator kompetisi sepak bola usia muda Piala Menpora U-16.

Kusnaeni juga mengapresiasi nama-nama kandidat yang dinyatakan lolos. Tidak hanya dari jajaran calon Wakil Ketua Umum, tapi juga delapan nama calon Ketua Umum, yakni Aven Hinelo, Vijaya Fitriyasa, Bernhard Limbong, Fary Djemy Francis, Mochamad Iriawan, Rahim Soekasah, La Nyalla Mattalitti, dan Beny Erwin.

“Semua kandidat yang lolos adalah orang-orang hebat yang sudah lama berkecimpung di dunia sepak bola,” kata pria yang juga dikenal sebagai wartawan olahraga senior itu memuji. 

“Bahkan, kalau mau jujur, di antara semua calon Wakil Ketua Umum bisa dibilang saya ini underdog alias calon yang paling tidak diunggulkan.” tambahnya dengan nada merendah.

Namun demikian, Kusnaeni mengaku siap beradu gagasan dan pemikiran dengan semua kandidat lain serta, menyambut wacana debat terbuka para kandidat.

“Kalau benar ada ruang debat untuk para kandidat, itu sangat bagus. Jadi, para voters tidak sekadar memilih paket kandidat yang tak ubahnya membeli kucing dalam karung. Voters berhak tahu juga visi dan wawasan para calon pemimpin PSSI empat tahun ke depan.” cetusnya.

 * DAFTAR CALON SEMENTARA KETUA UMUM PSSI 2019-2023 :
Aven Hinelo
Bernhard Limbong
Benny Erwin
Fary Djemi Francis
La Nyalla Mattalitti
Mochamad Iriawan
Rahim Soekasah
VIjaya Fitriyasa

*Bakal calon yang tidak lolos tetapi boleh banding: Arif Wicaksono, Sarman El Hakim, dan Yesayas Oktavianus.

DAFTAR CALON SEMENTARA WAKIL KETUA UMUM PSSI 2019-2023
Aven Hinelo
Benny Erwin
Cucu Somantri
Doli Sinomba Siregar
Esti Puji Lestari
Hasnuryadi Sulaiman
Hinca Panjaitan
Iwan Budianto
Jackson Andre William Kumaat
Jamal Aziz
M. Kusnaeni
Tri Goestoro
Vijaya Fitriyasa

*Bakal calon yang tidak lolos dan tidak boleh banding: Ahmad Riyadh, Augie Benyamin, Budi Setiawan, Gusti Randa, Sally Atyasasmi, dan Wardy Ashari Siagian.

**Bakal calon yang tidak lolos tetapi boleh banding: Doni Setiabudi dan Yesayas Oktavianus.