internasional

Serangan Turki ke Kelompok Kurdi di Perbatasan, 11 Warga Tewas

Oleh: Editor: Heri Firmansyah 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat

KBRN, Jakarta : Korban meninggal dunia terus berjatuhan dalam aksi serangan Turki di perbatasan kawasan Suriah yang mulai dikuasai kelompok Kurdi Pasukan Demokrasi Suriah (SDF), Sabtu (12/10/2019).

Aksi serangan ini terjadi lantaran Turki memandang milisi Kurdi yang menguasai wilayah perbatasan sebagai teroris yang mendukung pemberontahan anti-Turki.

Situs BBC melaporkan, setidaknya ada 11 warga sipil meninggal dan puluhan petempur SDF pimpinan Kurdi serta kelompok pro-Turki terbunuh, kata sejumlah laporan.

“Korban tewas pertama dari pihak tentara Turki telah dipastikan militer Turki. Sekitar 100 ribu orang telah meninggalkan rumah mereka, sementara dunia mendesak dihentikannya peningkatan kekerasan,” tulis situs BBC.

Turki membela diri dengan mengatakan bahwa aksinya merupakan upaya untuk menciptakan "zona aman" yang bebas dari milisi Kurdi dan dapat digunakan untuk menampung pengungsi Suriah.

"Kami tidak akan berhenti terlepas apapun yang dikatakan orang," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka, sementara dunia mendesak dihentikannya peningkatan kekerasan.
SDF menjadi sekutu penting AS dalam perang melawan kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS).

“Kekhawatiran utama masyarat internasional adalah nasib ribuan tahanan terduga ISIS, termasuk banyak warga asing di dalamnya, yang berada di bawah penjagaan pasukan Kurdi,” lanjut situs BBC.