politik

Pilgub Kalsel 2020 Diprediksi Sepi Penantang

Oleh: Yunan Tanjung Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN Banjarmasin : Perebutan orang nomor 1 di Kalsel pada Pilkada 2020 dirasa masih sepi, hingga saat ini hanya satu orang yang berani menantang petahana H Sahbirin Noor, yakni Denny Indrayana mantan Wakil Menteri Hukum Dan HAM RI jaman presiden SBY.

Pria kelahiran Kotabaru 11 Desember 1972 walau sampai saat ini belum memastikan apakah akan lewat jalur partai atau jalur perseorangan sebagai Calon Gubernur Kalsel periode 2020 - 2025, namun ia memastikan akan maju di Pilkada Kalsel tahun depan.

Keseriusannya maju di Pilkada Kalsel sudah ia sebarkan lewat video pendek berdurasi kurang dari 1 menit yang diterima oleh para jurnalis di Banua.

Taufik Arbain dosen Fisip ULM Banjarmasin menanggapi masih sepi nya tokoh Kalsel yang berani mencalonkan diri untuk maju di Pilgub 2020 mengatakan, gaungnya tidak akan terlalu menguat karena calon lain akan berhitung ketika harus berhadapan dengan incumbent, beda dengan pilkada di kab/kota.

"Incumbent telah memiliki massa, konsolidasi intens dengan sayap pemenangan, konstituen, serta jaringan birokrasi yang selama ini sudah terjadi dengan baik, dan para penantang juga harus berkaca dengan hasil survei milik incumbent," kata Taufik Arbain di Banjarmasin, Minggu (13/10/2019).

Terkait dengan rencana maju nya Denny Indrayana di Pilgub tahun 2020 menantang Paman Birin, Taufik Arbain memberikan apresiasi kepada yang bersangkutan.

"Denny sudah memberikan warna serta memberikan diri membuka katup katup demokrasi yang sebagian orang merasa akan berat melawan incumbent," tambah Taufik.

Namun Taufik tidak lupa memberikan apresiasi kepada Paman Birin yang menyambut baik niat Denny Indrayana tersebut untuk bertarung maju di Pilgub Kalsel 2020, sebab Gubernur juga mempunyai tugas sebagai pembina politik di wilayahnya.