tanggap-bencana

Hingga September 2019, Aceh Utara 22 Kali Dihantam Puting Beliung

Oleh: Deni Yusman Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat

KBRN, Lhoksukon: Bencana Angin Putting Beliung dan Angin Kencang menjadi jenis bencana yang patut mendapat perhatian dan kewaspadaan dini bagi Kabupaten Aceh Utara, selain bencana banjir tahunan. 

Bahkan menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, selama tahun 2019 ini, angin puting beliung sudah banyak menimbulkan kerusakan terhadap rumah penduduk di 20 Kecamatan. 

Berdasarkan data yang diperoleh RRI, sejak Januari hingga September 2019, dari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Aceh Utara, ada 22 kali kejadian Angin Putting Beliung. 

"Dua diantaranya peristiwa angin kencang", ungkap Kepala Bidang (Kabid) Bantuan dan Jaminas Sosial di Dinas Sosial dan P3A Aceh Utara, Mirodiyatun Resi Nuridayati, S. Sos.MP Senin (14/10/2019) dalam Dialog Kentongan RRI, Radio Tanggap Bencana dengan judul "Peran Dinas Sosial Dalam Keadaan Bencana". 

Disebutkan Resi, korban Angin Putting Beliung dan Angin Kencang saat ini telah mencapai 124 KK atau sekitar 504 jiwa. Para korban mengalami kerusakan rumah. 

Dinas Sosial mencatat angin putting Beliung pertama terjadi dalam tahun ini yakni pada bulan Maret. Disusul dua kejadian di bulan Mei, kemudian 12 kejadian di bulan Juni. 

Agustus empat kali kejadian, dan September tiga kali peristiwa putting Beliung.