kuliner-nusantara

Nasi Balap Puyung, Kuliner Khas Lombok yang Gurih

Oleh: Anik Hasanah Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN, Lombok Tengah : Setiap daerah, pasti memiliki makanan khas, yang menjadi salah satu tujuan kuliner. Seperti yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang khas sengan makanan Nasi Balap Puyung. 

Nasi Balap Puyung ini, terdiri dari nasi putih, ayam suwir bumbu pedas, kacang kedelai goreng, tumisan kacang panjang dan buncis, serta sambal dan serundeng, yaitu kelapa parut renyah yang disangrai.

Sudah terbayang kan bagaiman rasanya? Yang pasti, pedas dan gurih. Tidak ada rasa manis pada makanan ini, saat saya berkesempatan mencicipi, di Rumah Makan Rinjani 2, yang ada di daerah Praya Barat, Lombok. 

Tapi, seiring berjalannya waktu, Nasi Balap Puyung mulai dimodifikasi. Diantaranya ditambah lagi dengan ayam goreng kampung. Namanya juga ayam kampung, ukurannya lebih kecil, dan dagingnya juga lebih kesat. 

"Secara umum mirip dengan nasi campur, tapi agak pedas. Secara rasa lumayan enak. Ayam kampungnya lembut, tapi agak kecil. Paling gurih eseng eseng dan kedelai," ujar Petrus, salah satu wisatawan asal Surabaya, Selasa (15/10/2019).

Untuk penyajian, Nasi Balap Puyung ini disiapkan dalam wadah anyaman lidi, dan dilapiai daun pisang. Sedangkan untuk teman minum, tidak ada yang berbeda, yaitu es jeruk atau jeruk hangat.