sigap

Pencuri Modus Bercadar, Seorang Pemuda di Ternate Terciduk Polisi

Oleh: Ir-One Djailani S.Ip Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat

KBRN, Ternate: Kepolisian Sektor (Polsek) Ternate Selatan, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) akhirnya meringkus salah satu pemuda berinisial AM (19).

Penangkapan terhadap AM tersebut karena yang bersangkutan dilaporkan terkait kasus dugaan pencurian yang meresahkan masyarakat khususnya masyarakat Kota Ternate Selatan.

Modus dugaan pencurian yang dilakukan pemuda 19 tahun ini memang berbeda dengan kasus penipuan maupun pencurian lainya, karena menggunakan jilbab bahkan cadar selayaknya wanita sungguhan.

Kapolsek Ternate Selatan, AKP Catur Erwin Setiawan kepada RRI, Selasa (15/10/2019) mengatakan, penangkapan terhadap tersuga pelaku pencurian tersebut merupakan hasil tindak-lanjut dari informasi masyarakat yang diterima.

“Jadi memang benar dia (Pelaku, adalah waria yang menggunakan hijab untuk mencuri,” ungkapnya.

Menurut Catur, aksi yang dilakukan terduga pelaku ini bersasaran pada kaum wanita yang rata-rata adalah menggunakan jilbab atau cadar.

“Yang pasti saat modus itu dia pakai dengan mendekati korban, dia langsung memanfaatkan dan melangsung mengambil barang-barang milik korban yang memang sudah diincar sebelumnya,” akunya.

Kapolsek juga mengatakan, sebelumya pelaku juga pernah diamankan dengan kasus yang sama dan laporan ini merupakan laporan kedua.

“Memang ini laporan kedua dan laporan pertama itu kita pelapor dan terlapor telah berdamai,” katanya.

Catur menegaskan, selain mengamankan tersangka, anggota juga mengamankan beberapa barang bukti lain berupa henpon yang berhasil digasak palaku.

“Semantara dia (pelaku) masih kita kembangan, dan ini merupkan laporan ke dua yang ditangani Polsek selatan,” katanya.

Menurutnya, dalam kasus ini pelaku melakukan aksi di 3 tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda, baik di Gambesi Ternate Selatan serta 2 TKP ada di Kecamatan Kota Ternate Utara.

“Dari 3 TKP 1 diantaranya ada di Selatan dan 2 ada di Ternate Utara,” pungkasnya.

Sementara itu, Korban Yastrin (21) saat dikonfirmasi di Mapolsek Ternate Selatan mengaku, awalnya pelaku masuk dalam kosan yang berada di lingkungan Fitu Kecamatan Kota Ternate Selatan untuk mencari temannya dan ternyata nama yang disebutkan itu tak ada.

"Setelah itu pelaku sok akrab dengan kami, kami pikir pelaku ini orang baik karena dia memakai cadar ternyata pelaku mencuri henpone berada dalam kamar, "pungkasnya.