wisata

Budaya Lestari Identitas Kokoh, Bupati : Kita Rawat Bersama

Oleh: Hayatun Sofian Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat

KBRN, Mataram : Pertunjukan rakyat sebagai bagian dari ikhtiar bersama dalam melestarikan budaya dan tradisi daerah, di tengah derasnya arus globalisasi.

Disadari bahwa begitu pentingnya kebudayaan dalam memperkokoh identitas sebagai tau samawa (orang sumbawa), karena realitas dan berbagai fenomena dewasa ini, menunjukkan bahwa krisis identitas telah menyebabkan sebagian besar generasi muda  mudah mengekor kepada budaya asing.

“Hal ini menyebabkan kita kehilangan martabat dan kharisma sebagai masyarakat yang beradab, kita seakan-akan telah kehilangan keunikan dan nilai-nilai kearifan lokal,” kata Bupati Sumbawa melalui Sekretaris Dearah Sumbawa Drs. H. Hasan Basri,MM, Selasa (15/10/2019).

Bupati  berharap penyelenggaraan kegiatan ini bisa benar-benar menjadi milik masyarakat, sehingga timbul kecintaan terhadap seni dan budaya daerah.

Melalui kegiatan ini pula seluruh komponen masyarakat sumbawa bisa semakin peduli terhadap tata nilai dan adat-istiadat daerah. Kultur atau budaya masyarakat dalam segala segi harus terus kita lestarikan. 

“Dengan demikian, semangat saling beri (saling menyayangi), saling pendi (saling mengasihi), saling sakiki (saling membantu), saling satingi (saling menghormati), ke saling satotang (saling menasehati), dapat tertanam kuat dalam sanubari kita. jika hal tersebut dapat terpatri, maka hal-hal yang merusak tatanan dan juga lingkungan kita, insya allah dapat kita hindari secara bersama-sama,” paparnya.