info-publik

RRI Ngevlog Bareng JK, Enak Jadi Pengusaha Atau Wapres

Oleh: Danang Sundoro Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta : Wakil Presiden Jusuf Kalla masih menyempatkan diri menerima para peliput Istana Wapres, ditengah persiapan purna tugasnya.

Wapres JK dengan berbusana batik berwarna ungu mengundang santap siang bersama, seraya sedikit bercerita santai kepada awak media RI-2. Tidak jarang dari para jurnalis istana wapres menggunakan moment ini untuk ngevlog, selfie ataupun meminta rekomendasi tanda tangan dalam rangka penerimaan beasiswa sekolah di dalam dan luar negeri.

Radio Republik Indonesia (RRI) yang diwakili Danang Sundoro berusaha mencari cerita berbeda dari sosok wapres JK yang biasa disapa awak media "Opa JK" usai purna tugas yang hanya menunggu tanggal 20 Oktober 2019.

"Selesai purna tugas saya akan bersama keluarga dengan cucu, menikmati liburan ke daerah daerah di Indonesia, sesekali ke luar negeri. Tapi tidak lupa saya masih mengurusi PMI (Palang Merah Indonesia),  DMI (Dewan Masjid Indonesia), yaa seperti itu rencananya," ujar Jusuf Kalla saat ngevlog bersama Radio Republik Indonesia (RRI), Selasa (15/10/2019).

"(Boleh memilih enak mana, Pengusaha atau Wakil Presiden) dua-duanya penting. Kalau tidak ada pengusaha negeri ini tidak hidup. Karena pengusahalah yang banyak bayar pajak. (Karena pengusaha) yang banyak memberikan pekerjaan kepada orang. Tetapi, Wakil Presiden itu juga penting, karena dia pemimpin bangsa ( sebagai pembantu presiden). Saya sendiri 35 tahun menjadi pengusaha,barulah terjun ke politik dan sekarang wapres. Tanpa menjadi pengusaha, tentu saya tidak akan menjadi wapreskan,"  ujar wapres JK seraya melemparkan senyum

"Tidak, tidak saya tidak seperti itu. Pokoknya mereka harus menjadi diri sendiri," singkat Opa JK, saat ditanyakan apakah sudah mempersiapkan generasi penerus menjadi seorang pemimpin bangsa.

Jelang masa pelantikan presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin tanggal 20 Oktober, Jusuf Kalla juga memberikan pesannya kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tetap mendukung pemerintahan lebih baik lagi kedepannya. Khusus untuk anak muda, JK berpesan agar selalu rajin belajar dan bekerja serta berinovasi di era milenial saat ini.

"Terima kasih atas dukungan dan doanya selama ini.Kita sudah bersama sama bekerja demi memajukan bangsa ini.Terima kasih. Untuk anak anak kuda harus bekerja keras, berinovasi dan untuk itu harus belajar dengan baik," pesan Opa JK kepada warga netizen dan anak muda milenial.

Sekilas profil Jusuf Kalla, nama lengkap beserta gelar Dr. (H.C.) Drs.H.Muhammad Jusuf Kalla. Kelahiran di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942 dengan usia saat ini 77 tahun.

Jusuf Kalla yang memiliki istri Hj.Mufidah Jusuf memiliki kegemaran membaca,minimal 2 buku dalam sehari. Pernikahan Jusuf Kalla-Mufidah Jusuf dikaruniani 5 orang anak bernama : Muchlisa Jusuf, Muswirah Jusuf, Imelda Jusuf, Solichin Jusuf, Chaerani Jusuf. JK ini merupakan Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 yang menjabat sejak tanggal 20 Oktober 2014. JK merupakan Wakil Presiden Indonesia pertama yang menjabat 2 kali secara tidak berturut-turut. Dalam masa jabatannya yang pertama, periode 2004-2009 saat itu dalam pemerintahan SBY-JK dan periode 2014-2019 dalam kepemimpinan Jokowi-JK.