tanggap-bencana

BMKG Stasiun GAW Prediksikan Kualitas Udara di Sumbar Dalam Level Sedang

Oleh: Yudi Prama Agustino Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat

KBRN, Agam : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang di Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam, memprediksi dalam beberapa hari ini, kualitas udara di Provinsi Sumatera Barat masih berada di level sedang.

Kepala Seksi Data dan Informasi, BMKG Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Koto Tabang, Manat Pangabean, Rabu (16/10/2019), menuturkan, kualitas udara di Sumbar diprediksi berada di level sedang itu, dikarenakan arah angin bergerak dari arah timur ke tenggara, sehingga kebakaran hutan yang masih terjadi di wilayah Sumatera Selatan dan Kalimantan masuk ke wilayah Sumbar.

"Polutan udara tidak sehat terjadi pada pukul 10 hingga 12 siang dengan konsentrasi PM10 mencapai 160 ug/m3," terangnya.

Sementara itu staf operasional BMKG Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Koto Tabang, Tanti Tritama Okaem menyebutkan dalam dua hari kedepan sejumlah wilayah Sumbar berpotensi diguyur hujan.

"Potensi hujan ini berdampak pada pencucian udara sehingga partikulat udara menjadi baik," ulasnya.

Menurut Tanti Tritama Okaem, pergerakan arah angin menyebabkan Sumabar bagian selatan mengalami polutan udara yang tidak sehat jika dibandingkan wilayah lain.

"Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Solok Selatan menjadi wilayah di Sumatera Barat yang cukup berdampak akibat kabut asap kiriman ini, sehingga polutan udaranya berada diatas level sedang jika dibandingkan wilayah lain," ungkapnya.