wisata

Tahun Kunjungan Wisata, Situbondo Bakal Jadi Tuan Rumah Dua Event

Oleh: Diana Arista Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN, Situbondo: Tahun kunjungan wisata 2019 yang dicanangkan Pemkab Situbondo, dengan dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, bakal terwujud. Sebab pada tanggal 19 Oktober 2019, Situbondo akan menjadi tuan rumah di ajang Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) sekaligus Hari Kesatuan Gerak PKK dan Jatim Specta Night Carnival.

"Kita akan menjadi tuan rumah dua event sekaligus. Terpilihnya kita menjadi tuan rumah, selain memang giliran, juga atas keinginan pemerintah daerah Situbondo sendiri," ujar Sekda Syaifullah kepada RRI, Rabu (16/10/2019).

Syaifullah mengemukakan, acara BBGRM akan dipusatkan di Kampung Kerapu, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, pada Sabtu, 19 Oktober 2019. Destinasi wisata andalan Pemkab Situbondo ini diproyeksikan menjadi salah satu destinasi penyangga menuju Kawah Ijen. 

"Kita targetkan, Kampung Kerapu bisa menjadi destinasi wisata favorit di Jatim. Sekaligus, ini bagian dari penyangga lingkar Ijen, sesuai dengan prioritas Nawa Bhakti Satya Pemprov Jatim," tutur Syaifullah.

Kampung Kerapu memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Air mancur warna-warni pada malam hari, mampu menghadirkan suasana eksotis dan romantis bagi pengunjung. Belum lagi dermaga yang menjorok sekitar 500 meter dari bibir pantai, serta beberapa wahana di laut. 

"Di Kampung Kerapu, akan ada demo memasak oleh chef ternama, sekaligus pemberian penghargaan bagi pemenang BBGRM dari beberapa kabupaten, yang akan diserahkan langsung oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa," paparnya.

Sedangkan pada malam harinya sekitar pukul 19.00 WIB, kegiatan akan dipusatkan di Alun-Alun Situbondo, yang dikemas dalam acara Jatim Specta Night Carnival, yang akan memamerkan puluhan seni budaya asli Situbondo.

Mereka akan berjalan mulai dari depan Kantor Pos di Jalan Ahmad Yani, hingga Jalan Pemuda atau di depan Taman Makam Pahlawan (TMP).

"Ada 525 pejabat atau yang mewakili dari 30 kabupaten/kota di Jawa Timur, ditambah dari Jogja dan Kalimantan Timur, yang akan hadir sekaligus menjadi peserta," kata Syaifullah.

Seni budaya asli Situbondo yang akan ditampilkan di hadapan ratusan pejabat, termasuk Gubernur dan Ketua Tim Penggerak PKK, Arumi Bachsin, merupakan seni budaya yang masih dilestarikan hinggi kini. 

"Ibu Gubernur beserta Ketua Tim Penggerak PKK Pemprov Jatim, akan berjalan kaki bersama peserta, mulai dari venue yang ada di depan Kantor Pos, sampai ke Taman Makam Pahlawan di Jalan Pemuda," jelas Syaifullah.

Adapun seni budaya Situbondo yang akan ditampilkan diantaranya, Tari Landhung, pakaian adat kreasi Situbondo, budaya masyarakat yang masih dilestarikan, serta puluhan seni budaya lainnya.