hukum

OTT di Medan, Tim KPK Hampir Ditabrak Staf Protokol Walikota

Oleh: Indra Widyastuti Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat

KBRN, Medan : Tim KPK hampir menjadi korban saat melakukan OTT di Medan. Salah satu pihak yang dicari KPK Selasa (15/10/2019) malam mencoba melarikan diri dan hampir menabrak tim KPK di lapangan. 

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, saat tim KPK mendatangi rumah Kepala Dinas PU Medan, sekitar pukul 21.25 WIB, Selasa (15/10/2019) malam, ada sebuah mobil avanza silver yang diduga dikendarai oleh staf protokol walikota, berinisial And.

Merasa diikuti, pengemudi melajukan mobil dengan kencang di salah satu ruas jalan di Kota Medan. Sampai akhirnya dalam posisi yang sudah diapit oleh tim, mobil berhenti, namun Sdr. And tidak turun.  

“Tim menghampiri mobil tersebut dan menyampaikan bahwa tim berasal dari KPK sekaligus menunjukkan identitas KPK. Akan tetapi, pengemudi justru memundurkan mobil dan memacu kecepatan hingga hampir menabrak tim KPK. Dua orang tim selamat karena langsung meloncat untuk menghindari kecelakaan,” ujar Febri Diansyah, Rabu (16/10/2019). 

Atas kejadian tersebut, Febri mengingatkan kepada seluruh pihak agar tidak menghambat pelaksanaan tugas KPK dan bersikap koperatif. 

“Kepada saudara And agar segera menyerahkan diri dan tidak berupaya menghindar dari petugas,” tegasnya.

Dikatakan Febri, saat ini tim terus melakukan pencarian And yang diduga menerima uang Rp50 juta dari Kepala Dinas PU yang akan diperuntukkan bagi Walikota Medan.

Sementara itu Walikota Medan, Dzulmi Eldin tadi sudah datang ke kantor KPK sekitar pukul 11.50 WIB dan dilanjutkan proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Direncanakan 4 orang lainnya akan dibawa secara bertahap siang dan sore ini ke Jakarta, dari unsur kepala dinas, ajudan, dan protokoler walikota,” pungkasnya.