info-publik

Arahkan Sisi Positif, SMA Darul Hikam Bandung Edukasi Cara Pengelolaan Emosi

Oleh: Azis Zulkarnaen Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN,Bandung: Puluhan siswa siswi SMA Darul Hikam Bandung, mengikuti pelatihan keterampilan pengelolaan emosi. Edukasi bagi siswa siswi kelas 11 ini menurut Ketua Pelaksana Hakim Afghandi, merupakan pelatihan mengekspresikan emosi siswa-siswi saat sedih, gembira maupun marah, ke arah positif.

"Sekarang banyak para pelajar  yang mendapat informasi dari media, internet maupun medsos. Khawatirnya referensi yang mereka miliki mengatur emosi itu hanya sebatas yang berseliweran di  media, tidak ada informasi tambahan. Cara, contoh meluapkan emosi di medsos atau internet dan media lainnya itu bagus atau tidak,"ungkap Hakim Afghandi di kampus SMA Darul Hikam Bandung, Kamis (17/10/2019).

Kekhawatiran referensi pengendalian ekspresi emosi yang didapat dari berbagai sumber tanpa adanya tambahan maupun pengawasan, dapat menimbulkan sisi negatif khususnya dari fakor psikologi. Hakim mencontohkan bila sedang marah, cara mengekspresikannya bukan dengan merusak barang atau lainnya. Namun ada alternatif lain selain merusak barang, dan juga diarahkan yang lebih positif.

"Macam-macam, ada perasan sedih, kesal, bahagia, kecewa maupun marah. Nah, pengelolaan yang tepat diharapkan bisa membuat siswa terjaga modnya dalam kondisi yang bagus. Kan mod ya, biasanya menentukan seseorang belajar  bagus, interaksi dengan temannya bagus. Itu dengan pengelolaan emosi yang tepat,"jelasnya.

Hakim juga mengatakan, tidak banyak orang yang dapat melakukan pengelolaan emosi. Dengan adanya edukasi ini, diharapkanya para siswa-siswi dapat mempunyai bekal keterampilan pengelolaan emosi sebaik-baiknya.

"Bisa membedakan, minimal yang positifnya seperti apa dan yang negatifnya seperti apa,"pungkasnya.