wisata

Pelajar Lebanon Kagum Seni Budaya Indonesia

Oleh: Retno Mandasari Editor: Afrizal Aziz 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN, Beirut : Promosi tentang ke-Indonesia-an di Lebanon tak henti-hentinya dilakukan oleh seluruh elemen bangsa Indonesia, khususnya oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia dan juga Kontingen Indonesia yang tergabung dalam misi perdamaian dunia UNIFIL.

Dalam rilis yang diterima redaksi RRI, Kamis (17/10/2019), disebutkan Kedutaan Besar RI (KBRI) Beirut mengundang pelajar setingkat SMA dari sekolah Al Iman High School di Beirut untuk melakukan kunjungan kunjungan ke KRI Sultan Hasanuddin-366 Rabu (16/10/2019). Sebanyak 54 orang mengikuti kegiatan ship tour dengan antusias.  

Kegiatan ship tour tersebut berisi presentasi tentang ke-Indonesia-an, penampilan seni budaya, dan juga tentang peran Indonesia dalam misi perdamain di UNIFIL. Para peserta juga diajak untuk berkeliling kapal dan diberikan penjelasan singkat mengenai fungsi dan cara kapal beroperasi.

Para pelajar dipertontokan seni budaya Indonesia. Tabuhan rampag gendang yang dibawakan oleh Tim kesenian KRI Sultan Hasanuddin-366 menghentakkan para pelajar, mereka berdendang mengikuti irama musik khas dari Jawa Barat tersebut. Udara yang cukup panas tidak menyurutkan semangat para pelajar untuk berhenti berjoget.

Duta Besar RI Beirut Hajriyanto Y. Thohari menyampaikan pesan bahwa program yang di lakukan oleh KRI Sultan Hasanuddin 366 dengan menyediakan sebuah pertemuan bagi para siswa di Lebanon ini, benar-benar memberikan manfaat yang besar dan benar-benar seperti pelaksanaan misi diplomatik. Ini akan memberikan informasi yang sangat bagus tentang Indonesia kepada bangsa-bangsa di seluruh dunia, tentang wilayah Indonesia, tentang pulau-pulau dan lautan Indonesia, tentang kebudayaan, bahasa, dan agamanya. “juga tentunya peran serta kiprah Negara RI di dunia Internasional”. Ujar Dubes Hajriyanto. 

Dubes Hajriyanto juga menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini dilakukan untuk menarik perhatian dan animo genarasi belia di Lebanon terhadap Indonesia. Selain itu juga untuk menunjukkan kepada publik di Lebanon mengenai capaian yang telah dilakukan oleh angkatan bersenjata Indonesia di kancah Internasional.

Sementara itu, Komandan KRI SHN-366, Letkol Cecep Hidayat, juga hadir ditengah-tengah para pelajar yang membuat suasana semakin lengkap dan ramai. 

Salah seorang peserta yang bernama Fatima Ahmad, mengungkapkan kegembiraannya karena telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. “Sebelumnya, saya belum begitu tahu dengan Indonesia. Tapi hari ini, kami diundang melihat Kapal Indonesia (KRI Sultan Hasanuddin 366). Dan mendapat informasi penting yang begitu banyak disampaikan mengenai Indonesia. Saya sangat berterima kasih berada disini, dan sangat gembira diatas Kapal KRI”. “I really love Indonesia” ungkap Fatimah begitu senangnya. 

Peserta lain bernama Lara juga mengungkapkan hal yang sama. “kegiatan ini sangat menakjubkan. Saya jadi ingi mengunjungi Indonesia untuk melihat langsung budaya khas Indonesia” katanya usai kegiatan. 

Pelaksana Fungsi Pensosbud Basyiruddin menyatakan akan terus melakukan promosi seni dan budaya kepada public Lebanon, khususnya generasi belia atau milenial.