info-publik

Sejumlah Pimpinan Badan Publik Presentasi Langsung Untuk Monev KI Pusat

Oleh: Immanuel Christian Editor: Nugroho 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta: Ketua KPU dan Bawaslu dan sejumlah Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian dan Gubernur serta Rektor PTN melakukan presentasi langsung di depan tim juri monitoring dan evaluasi (monev) yang digelar oleh Komisi Informasi (KI) Pusat di Hotel Mercure Batavia Jakarta, 15 hingga 17 Oktober 2019.

Ketua Bidang Kelembagaan KI Pusat, Cecep Suryadi selaku penanggungjawab monev BP ini menyampaikan apresiasinya atas kesediaan pimpinan Badan Publik selaku Atasan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) untuk hadir langsung memberikan presentasinya di depan tim juri yang terdiri dari Komisioner KI Pusat dan juri dari luar.

Pada kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa pelaksanaan presentasi selama tiga hari terhadap BP untuk mendapatkan gambaran tentang inovasi dan kolaborasi yang telah dilakukan dalam melaksanakan pelayanan keterbukaan informasi publik di BP masing-masing.

“Presentasi ini merupakan tahapan monev yang harus dilalui badan publik guna melihat inovasi dalam memudahkan akses dan sistem pelayanan informasi serta kolaborasinya dalam melaksanakan pelayanan penyebarluasan informasi kepada publik,” katanya, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Tim juri terdiri dari Ketua KI Pusat Gede Narayana, Wakil Ketua Hendra J Kede, Ketua Bidang ASE Wafa Patria Umma, Ketua Bidang PSI Arif Adi Kuswardono, Ketua Bidang Kelembagaan Cecep Suryadi, Ketua Bidang Litbang Romanus Ndau Lendong, dan Ketua Bidang Regulasi Muhammad Syahyan serta Plt Sekretaris KI Pusat Bambang Sigit Nugroho bersama tim juri dari LIPI Prof Siti Zuhro, Wartawan Senior Bambang Harimurti, Seknas Fitra Badiul Hadi, Freddy H Tulung, Ismail Cawidu, Ketua IJTI Yadi Hendriana, Pegiat Keterbukaan Informasi Danardono, Dadang Hidayat, dan Paulus Widiyanto.

Pada hari pertama presentasi yang dilaksanakan oleh KI Pusat itu, sejumlah rektor perguruan tinggi hadir langsung memberikan presentasi tentang Badan Publik (BP) Perguruan Tinggi Negeri yang dipimpinnya. Kemudian di hari kedua, giliran Ketua KPU Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Abhan hadir langsung memberikan presentasi bahkan didampingi sejumlah komisioner lembaga penyelenggara dan pengawas pemilu itu.
Presentasi BP di hari ketiga sebagai pamungkas, kejutan demi kejutan muncul lagi, setelah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji serta Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah memberikan presentasi, giliran Sekjen Kementerian yang beraksi.

Tampak Sekrektaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) R Niken Widiastuti, Sekjen Kementan Momon Rusmono, dan Sekjen Kemendag Oke Nurwan menyampaikan presentasi, juga hadir langsung memberikan presentasinya, diantaranya Sestama LAPAN, Sestama ANRI, dan Sekjen Mahkamah Konstitusi Guntur Hamzah.