daerah

Warga Solo Gelar Tumpengan di Pasar Gedhe, Berharap Jokowi-Maruf Bijaksana Memimpin Masyarakat

Oleh: Siti Fatimah Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN, Surakarta: Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Maruf Amin puluhan masyarakat Kota Solo menggelar tumpengan di pintu masuk Pasar Gedhe Solo, Kamis (17/10/2019). 

Sebanyak 7 tumpeng nasi kuning lengkap dengan lauk pauk di sertai minuman  jamu kunirasam dan beraskencur di letakkan berjajar di depan pintu masuk Pasar Gede.

Selain pengunjung pasar, kegiatan juga diikuti para pedagang, supir becak dan kuli gendong. Serta sejumlah anggota alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) wilayah Soloraya. 

Sebelum dibagikan 7 tumpeng itu, para peserta tasyakuran memanjatkan doa bersama yang dipimpin langsung anggota Kagama HM Sungkar. Disela kegiatan anggota Kagama Titik Mariah, alumni farmasi tahun 65 mengatakan, doa selamatan ini dilakukan di Pasar Gede karena merupakan pasar rakyat.

"Harapannya doa dan masyaraka selalu mengalir untuk Jokowi- Maruf," ungkap Titik Mariah.

Selain itu keluarga besar alumni Universitas Gajah Mada Solo Raya memanjatkan doa dan berbagi tumpeng dengan masyarakat khususnya di sekitar Pasar Gedhe. Harapannya Presiden dan Wakil Presiden nanti menjabat selalu mendapatkan rahmat, bijaksana memimpin negara dan bangsa.

"Keluarga besar alumni Gajah Mada Solo raya memanjatkan doa dan berbagi tumpeng. Harapannya nanti menjabat selalu mendapatkan rahmat, bijaksana memimpin negara dan bangsa," ujarnya.

Dalam kesempatan itu seluruh pengunjung dan pedagang Pasar Gede merasa senang menerima pembagian nasi tumpeng. Tak sampai 10 menit tumpeng tersebut ludes diperebutkan. Acara digelar karena sebagai simbul pasar rakyat dan tujuh tumpeng sebagai simbul Jokowi Presiden ke 7 Negara Kesatuan Republika Indonesia.