wisata

Pangan Lokal Dorong Industri Pariwisata Bonebol

Oleh: Taufik Usman Editor: 10 May 2020 - 11:42 kbrn-pusat
KBRN, Gorontalo: Kuliner pangan lokal Gorontalo, lebih khusus Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) banyak mendapat apresiasi dari wisatawan dalam negeri hingga manca negara. Memaksimalkan hal ini, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango memberikan Pelatihan Kuliner kepada pengelolah destinasi wisata di Bonebol, di Dumhil Hotel Kota Gorontalo, Jumat(18/10/2019)

Kuliner lokal Gorontalo yang terkenal akan gizi, juga diolah dengan sajian menarik pada pelatihan ini, yang sesuai keinginan wisatawan.

Beberapa kuliner lokal Gorontalo yang terus dikembangkan yakni Kue Bu'u (Kue Perahu), Sabongi, Onde-onde, Ilabulo, dan masih banyak lagi.

"Baru-baru waktu lalu datang Pak Menteri itu kan, rata-rata makanan yang kita sajikan itu makanan pangan Gorontalo dan beliaunya senang"jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango Lukman A. Daud kepada RRI.

"Mereka ini kan memang sudah punya keahlian membuat pangan lokal, nah tugas kita membimbing mereka supaya benar-benar yang mereka buat itu cocok untuk wisatawan manca negara dan wisatawan nusantara"tambahnya

Pelatihan kuliner tersebut berlangsung dua hari dan mengadirkan narasumber Ahli Gizi Gorontalo Dr. Arifasno Napu dan Chef ternama di Gorontalo.

"Kalau ada tamu VIV kita, Pak Bupati itu minta supaya disediakan Kue Bu'u(Kue Perahu) yang khas Gorontalo itu kan, dan itu paling disukai oleh para pejabat dari luar daerah"pungkasnya