info-publik

Jerry Sambuaga: Akademisi, Politisi, Wamen

Oleh: Immanuel Christian Editor: 10 May 2020 - 11:41 kbrn-pusat
KBRN, Jakarta: Usai bertemu presiden, anak bos Lippo Cikarang, Jerry Sambuaga diminta untuk mengisi jabatan Wakil Menteri Perdagangan, membantu Agus Suparmanto yang baru kemarin dilantik menjadi Menteri Perdagangan.

Pria Jakarta, 2 Juli 1985. Ayahnya, Theo L Sambuaga adalah Presiden Komisaris PT Lippo Cikarang. Meski didapuk jadi wakil menteri perdagangan, ternyata latar belakang Jerry lebih banyak di bidang pertahanan dan keamanan internasional dan berkuliah di University of San Fransisco, AS untuk gelar S1 kemudian, dia melanjutkan S2 di Columbia University, School of International and Public Affair New York jurusan International Security Policy. Jerry menyelesaikan S3 di Universitas Indonesia.

Mengutip dari berbagai sumber, dikatakan bahwa Jerry pernah menjadi peneliti untuk direktur keamanan internasional dan perlucutan senjata (KIPS) pada Direktorat KIPS di Departemen Luar Negeri menjadi permulaan karirnya, yang pada 2006, Jerry kembali jadi peneliti dalam misi penjaga perdamaian dan resolusi konflik di divisi politik pada Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB. Setahun kemudian, dirinya terlibat di ASEAN Regional Forum (ARF) di Sekretariat ASEAN. Kemudian pada 2008 hingga 2009, Jerry menjadi Staf Ahli Ketua DPR yang menangani isu-isu luar negeri. Pada 2009 hingga 2019, dirinya kemudian menjadi Staf Ahli Ketua DPD.

Selain itum Wakil Sekretaris DPP Himpunan Pengusaha Kosgoro 1957, Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Ketua DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), dan Wakil Sekjen DPP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), juga pernah diemban politisi dari Partai Golkar ini.

Ia juga pernah menduduki kursi anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2014-2019 dari Partai Golkar. Pada Pemilihan Legislatif tahun 2019, ia kembali mencalonkan diri untuk menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Partai Golkar Dapil Sulawesi Utara. Sementara ayahnya, Theo Sambuaga merupakan politisi dari partai yang sama dan pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman Indonesia pada era Kabinet Reformasi Pembangunan. 

Ia mengisi hari-harinya menjadi dosen di beberapa universitas di Jabodetabek. Pada tahun 2016, mendapatkan gelar Doktor dari Ilmu Politik dan menjadikannya sebagai Doktor Ilmu Politik termuda dari Universitas Indonesia. Jerry menyelesaikan pendidikan Masternya di Columbia University Master of Intenational Affairs in Intenational Security Policy. Sementara itu ia mendapat gelar sarjana ilmu politik dari University of San Francisco.