jaksa-menyapa

Kejaksaan Rakyat Daerah Di Tiongkok Kunjungi Rutan Surabaya

Oleh: Anik Hasanah Editor: Syarif Hasan Salampessy 10 May 2020 - 11:41 kbrn-pusat
KBRN, Surabaya : Rutan Kelas I Surabaya mendapatkan tamu kehormatan. Kejaksaan Rakyat Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok berkunjung untuk melihat kondisi Rutan yang terletak di Desa Medaeng itu. Mereka ingin melihat bagaimana pembinaan para tahanan di Rutan Medaeng.

Rombongan dari Tiongkok itu didampingi beberapa pejabat dari Kejaksaan RI. Diantaranya Kabag Kerjasama Luar Negeri Kejagung Neva Sari Susanti, Kajari Surabaya Anton Delianto, Kajari Sidoarjo Setiawan Budi. Sedangkan dari Tiongkok adalah Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Rakyat Daerah Otonomi Guangxi Zhuang Mr. Wei Fuxi. Rombongan disambut langsung Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono dan Kepala Rutan Surabaya Teguh Pamuji. 

Dalam sambutannya, Pargiyono memberikan gambaran awal di Rutan Medaeng. Dimana secara bangunan tidak seberapa luas, tapi  sangat padat. Kapasitasnya hanya 504, tapi penghuninya lebih dari 3.017 orang. Ada over kapasitas sekitar 600 persen. 

"Sehingga bagi tahanan dan narapidana yang belum bisa dipindahkan, sangat tidak nyaman. Karena harus menempati tempat yang tidak ideal," terangnya, Senin (28/10/2019).

Pargiyono mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kunjungan yang dilakukan. Dia berharap forum tersebut bisa jadi ajang saling sharing antar instansi. "Terima kasih atas kunjungannya, ini sangat membanggakan untuk kami," tuturnya. 

Sedangkan Kajari Surabaya yang mewakili Kejaksaan mengungkapkan rasa terima kasihnya karena pihak rutan telah menyambut dengan luar biasa. Dia berharap akan banyak sharing informasi terkait struktur organisasi. Serta pertukaran informasi sistem peradilan di Indonesia dan Guangxi Zuang.